17 Juni 2024

Disperin NTB Menghadiri Lokakarya Pemetaan Produk Pengetahuan dan Praktik Baik Baik Lingkup Perangkat Daerah Provinsi NTB

Sekertaris Dinas Perindustrian Provinsi NTB H. L. Lutfi S.T., M. Si menghadiri Lokakarya pemetaan produk pengetahuan dan praktik baik baik lingkup perangkat daerah provinsi NTB yang diadakan oleh BAPPEDA Provinsi NTB di Hotel Santika, Mataram 7 Juni 2024.

Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknokratik Tahun 2025-2029 dan Rancangan Awal Rencana Strategis (RENSTRA) Perangka Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bappeda Provinsi NTB  dan Program SKALA – Kerjasama Indonesia-Australia, akan melaksanakan kegiatan Lokakarya Inovasi dan Praktik Baik Perangkat Daerah Provinsi NTB di lingkup Perangkat Daerah Provinsi NTB.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai inovasi, produk pengetahuan, dan praktik baik yang akan menjadi game changers dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daaerah.

H. L.Lutfi M. Si menyampaikan beberapa hal terkait dengan inovasi yang ada di Dinas Perindustrian. Pertama adalah SIMANIS yakni aplikasi berbasis android untuk mengelola dan memberikan kemudahan berbagai pelayanan kepada IKM (Industri Kecil, Industri Menengah, Industri Besar) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

INDOORS (industry development accelerator) dimana pelayanan integratif dan holistik berupa sistem yang dikembangkan guna percepatan peningkatan kualitas Industri Kecil Menengah secara sistematis dan sustainable, selanjutnya beliau juga menyampaikan tentang MASKULIN (kemasan steril kuliner legend) yang dimana inovasi ini sebagai pelayanan kepada IKM agar menggunakan teknologi pengemasan steril untuk menjadikan produk makanan memiliki umur simpan yang lebih lama pada suhu ruangan tanpa pengawet dan pendingin, serta tanpa merubah aroma, rasa dan warna.

Terakhir adalah KOIN (Komunitas industri) yang dibentuk sebagai base Community kalangan milenial guna membangun iklim dan ekosistem industry yang sistematis dan komprehensif.