14 Juli 2024

Disperin NTB Menerima Kunjungan dari Badan Standarisasi dan Kebijakan Industri (BSKJI) Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Mataram, 4 Juni 2024 – Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima kunjungan dari Badan Standarisasi dan Kebijakan Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kunjungan yang berlangsung di Kantor Dinas Perindustrian NTB ini diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Perindustrian NTB, Bapak Lalu Luthfi, bersama dengan perwakilan dari Bidang Sarpras dan Bidang Kerjasama.

Rombongan dari BSKJI yang hadir dalam kunjungan tersebut terdiri dari perwakilan Pusat Industri Hijau serta Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempercepat penerapan industri hijau pada industri kecil menengah (IKM) di NTB guna meningkatkan daya saing mereka, mendukung transformasi IKM hijau sebagai bagian dari rantai pasok industri menengah dan besar, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di NTB.

Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk mengadakan kegiatan pelatihan bagi industri hijau, khususnya dalam produksi batik Sasambo di NTB. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk batik lokal di pasar nasional maupun internasional.

Setelah kegiatan di Kantor Dinas Perindustrian NTB, personil BSKJI Kementerian Perindustrian RI melanjutkan kunjungan ke salah satu IKM yang berlokasi di Pringgasela, Lombok Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung penerapan industri hijau di lapangan dan memberikan dukungan serta arahan yang diperlukan.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara Dinas Perindustrian NTB dan BSKJI Kementerian Perindustrian RI dalam upaya memajukan industri kecil menengah di NTB melalui penerapan konsep industri hijau dan berkelanjutan.