14 Juli 2024

DITJEN IKMA akan Mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) di Kabupaten Lombok Barat

Mataram – Dalam rangka pelaksanaan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dipusatkan di Nusa Tenggara Barat (NTB), Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) akan mengadakan pelatihan pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) di Kabupaten Lombok Barat. Pelatihan ini ditargetkan untuk para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi bahan bangunan, Selasa 4/6/2024.

FABA adalah sisa hasil pengolahan batu bara menjadi listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang. Penggunaan FABA sebagai bahan bangunan tidak hanya dapat mengurangi limbah industri, tetapi juga memberikan alternatif material yang berkualitas dan ekonomis bagi IKM.

Hari ini, tim Ditjen IKMA melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Barat, dan PLN PLTU Jeranjang. Dalam pertemuan ini, dibahas berbagai persiapan teknis dan logistik untuk mendukung kelancaran pelatihan. Selain itu, tim juga melakukan kunjungan ke dua IKM produsen bahan bangunan yang merupakan binaan PLN. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses produksi serta memberikan bimbingan teknis terkait pemanfaatan FABA.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi IKM, sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional. Dengan dukungan berbagai pihak, program ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan perekonomian lokal dan penciptaan lapangan kerja baru di Kabupaten Lombok Barat.