14 Juli 2024

Tingkatkan Kreatif Marketing: Kemenperin dan Disperin NTB gelar Workshop Digital Marketing dan Manajemen Usaha bagi IKM NTB

Mataram – Direktorat Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian NTB menggelar Workshop Digital Marketing dan Manajemen Usaha di Hotel Aston Mataram. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari pelaku IKM di bidang pangan, furnitur, dan bahan bangunan, Rabu 5/6/2024.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku IKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas dan efektif. Selain itu, manajemen usaha yang baik diharapkan dapat membantu para pelaku IKM mengelola bisnis mereka dengan lebih profesional dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Yedi Sabaryadi selaku Direktur IKM Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan menyatakan bahwa di era digital ini, kemampuan memanfaatkan teknologi informasi menjadi sangat penting bagi keberlangsungan dan pengembangan usaha. “Dengan menguasai digital marketing, para pelaku IKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya lokal tetapi juga nasional dan internasional,” ujarnya (5/6).

Kepala Disperin NTB yang diwakili oleh PLH Kadis  Lalu Luthfi, dalam sambutannya juga menyanpaikan bahwa kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting dalam mendukung pertumbuhan IKM. “Melalui workshop ini, kami berharap dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada para pelaku IKM agar mereka lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar global,” katanya (5/6).

Workshop ini menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidang digital marketing dan manajemen usaha, termasuk praktisi bisnis sukses dan akademisi. Materi yang disampaikan meliputi strategi pemasaran digital, pengelolaan media sosial, e-commerce, serta prinsip-prinsip dasar manajemen usaha yang efektif.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan narasumber serta mengikuti sesi praktik untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Workshop ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan daya saing dan kemandirian pelaku IKM di NTB.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor IKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian nasional.