14 Juli 2024

Dinas Perindustrian NTB Menerima Kunjungan dari Our Ecolution, Bahas Industri Hijau di NTB

Senin 27 Mei 2024 – Dinas Perindustrian NTB menerima kunjungan dari perusahaan Our Ecolution, yang dikenal sebagai pionir dalam industri hijau. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas rencana pembangunan industri baru di wilayah NTB.

Pertemuan ini di sambut oleh sekretaris dinas perindustrian NTB Lalu Luthfi, ST., M.Si dan dalam pertemuan tersebut membahas beberapa topik penting, termasuk kesiapan Dinas Perindustrian NTB dalam membantu proses perizinan industri baru Our Ecolution. Kepala Bidang Kerjasama Arifin, SH., MH menyatakan bahwa perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS) akan memudahkan proses dan mengurangi kerumitan yang biasanya dihadapi oleh perusahaan baru.

“Kami siap membantu pengurusan perizinan industri Our Ecolution. Dengan sistem OSS, prosesnya tidak terlalu ribet dan lebih cepat. Namun, kami memerlukan pemaparan lebih lanjut dari Mr. John mengenai mekanisme dan bentuk industri yang ingin dibangun, sehingga kami dapat memahami langkah apa yang harus diambil ke depannya,” ujar Arifin selaku Kepala Bidang Kerjasama.

Mr. John, perwakilan dari Our Ecolution, menjelaskan bahwa perusahaan ini merencanakan pembangunan industri besar di Sumbawa dan Skaroh. Berbagai industri akan dibangun, termasuk industri makanan, pariwisata, dan industri hijau lainnya. Investasi ini direncanakan dengan jangka waktu 20-30 tahun, menjanjikan perkembangan signifikan di wilayah tersebut.

“Kami memulai dengan perusahaan jerami karena dalam waktu dekat kami akan membangun perusahaan besar yang membutuhkan bahan baku berupa panel dari jerami. Banyak investor dari Amerika dan Afrika yang tertarik untuk berinvestasi di perusahaan ini. Produk ini akan diuji coba bersama akademisi dari Universitas Mataram (Unram), yang akan menjadi batu pijakan untuk potensi besar di masa depan,” jelas Mr. John.

Dia juga menambahkan bahwa bahan baku dari limbah jerami memiliki harga yang terjangkau, sehingga produk akhirnya juga akan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Hal ini sejalan dengan visi Our Ecolution untuk menciptakan produk industri hijau yang berkelanjutan dan ekonomis.

Pertemuan ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk kolaborasi antara Dinas Perindustrian NTB dan Our Ecolution dalam memajukan industri hijau di wilayah NTB, membawa dampak positif bagi perekonomian lokal serta lingkungan.