20 Mei 2024

Persiapan Megah: NTB Siap Gelar Tabligh Akbar dan Halal Bi Halal dirangkai acara wisata religi dan peningkatan Ekonomi masyarakat

senin 22 April 2024 – Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menghadiri rapat persiapan acara Tabligh Akbar dan Halal Bi Halal keluarga besar Majelis Maulid Wat Ta’lim Riyadul Jannah Indonesia.
Sebagai koordinator acara, Kadis Pariwisata NTB menjelaskan proses dan mekanisme pelak acara, sambil menyampaikan harapan agar kegiatan ini berjalan lancar. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 April 2024 di mesjid hubbul wathon IC Mataram pukul 19.00 sampai selesai. Namun demikian, peserta sudah hadir dari sejak sore bahkan pagi hari sambil berwisata religy.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pariwisata mengungkapkan upaya maksimal untuk memaksimalkan destinasi wisata melalui kerjasama semua OPD dan stakeholder terkait.

Ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa acara Tabligh Akbar dan Halal Bi Halal di Masjid Hubul Wathan Islamic Center NTB diperkirakan akan dihadiri oleh jamaah se-Indonesia, dengan estimasi 5000 hingga 7000 pengunjung, dan yg telah konfirmasi sekitar 50 bis dan puluhan kendaraan kecil/pribadi serta ada jg yg melalui pesawat.

Tujuan utama acara ini adalah mengembangkan wisata religi dan meningkatkan ekonomi secara makro, dengan harapan dapat memajukan sektor pariwisata, industri dan perdagangan di NTB.
Kabid Kerjasama “Arifin, yg mewakil kadis perindustrian menyatakan kesiapan untuk mendukung kelancaran acara tersebut, dengan menyiapkan peserta IKM (Industri Kecil dan Menengah) bersama2 dgn dinas perdagangan provinsi, koperasi UMKM provinsi maupun kota mataram, terutama IKM yang memiliki tenda sendiri untuk mempermudah pelaksanaan acara. “sebisa mungkin beberapa ikm akan kami siapkan dan akan diseleksi IKM yg akan berpartisipasi dalam kegiatan tabligh akbar dimaksud, diutamakan IKM kuliner.
Terkait teknis pelaksanaan akan dikoordinir oleh dinas perdagangan provinsi….. dan jg nanti terkait kekurangan tenda IKM akan dibantu oleh Bank NTB Syariah dan bank2 lain yg memiliki tenda.