20 Mei 2024

Kemenperin Apresiasi Industrialisasi Maju Melaju: NTB Terpilih Menjadi Locus Event tahunan Bangga Buatan Indonesia

Mataram – Dalam upaya memperkuat dukungan terhadap program Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan menggerakkan ekonomi daerah melalui industri kecil menengah dan aneka, Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian mengadakan audiensi dengan Pemerintah Provinsi NTB. Audiensi ini, yang dampingi langusung oleh Dinas Perindustrian NTB, bertujuan untuk membahas strategi kolaboratif dalam memperkuat dan mengembangkan produk-produk BBI di NTB, Kamis 4/4/2024.

Dalam pertemuan tersebut, dari Ditjen IKMA dan dipimpin oleh ibu Ditjen Reni bersama dengan tim yang terdiri dari pakar dan ahli di bidang industri kecil menengah dan aneka. Mereka berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi NTB mengenai langkah-langkah strategis dalam mempromosikan produk-produk BBI yang diproduksi di wilayah NTB serta penyelenggaraan HUT NTB 2024 mendatang, serta memperkuat jejaring distribusi dan pemasarannya baik di tingkat lokal maupun nasional.

“BBI ini upaya untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk-produk lokal yang berkualitas” ungkap bu Ditjen.

“Kami berharap kerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Dinas Perindustrian NTB dapat mempercepat perkembangan produk-produk BBI di wilayah ini dan meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia di pasaran” tambahnya.

Gelaran atau pameran BBI yang dicanangkan bertepatan dengan HUT NTB yaitu tanggal 16 Desember merupakan acara puncak untuk meriahkan hingga perkenalkan BBI di masyarakat pada umumnya.

Pihak Pemerintah Provinsi NTB menyambut baik kehadiran Ditjen IKM dan Aneka dalam audiensi ini, dan menyatakan komitmennya untuk mendukung program BBI serta mengembangkan potensi industri kecil menengah dan aneka di NTB. Mereka juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku industri dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis produk lokal.

“Kami di Pemprov NTB sangat terbuka ketika ada pemerintah pusat yang ingin gelar kegiatan di daerah kami, itu sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat kepada NTB” Ujar Sekda NTB Pak Ibnu Salim. Beliau melanjutkan kalau bisa acara Gelaran BBI itu dimulai pada tanggal 13,14,15 Desember sehingga 16 Desember merupakan acara puncak HUT NTB sekaligus.

Audiensi antara Ditjen IKMA dengan Pemerintah Provinsi NTB ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung program BBI serta mempercepat pengembangan industri kecil menengah dan aneka di NTB.

“Hasil dari pertemuan ini dapat memberikan arah yang jelas dan langkah-langkah strategis yang dapat kami ambil untuk memperkuat posisi produk-produk BBI di pasaran dan meningkatkan kontribusi sektor industri terhadap perekonomian daerah” tutup Nuryanti Kadisperin NTB.