20 Mei 2024

Disperin NTB Mengikuti Kegiatan Sosialisasi SIINas dan Fasilitasi TKDN-IK bersama dengan 113 IKM Binaan

Rabu, 3 April 2024 – Tim Bidang Sarpras mengikuti kegiatan Sosialisasi SIINas dan Fasilitasi TKDN-IK bersama dengan 113 IKM binaan Disperin.
Dalam hal ini disampaikan oleh tim koordinator SIINas Bapak Ronggo Paul Saheri tentang manfaat, proses pembuatan akun serta hal – hal apa saja yang perlu dilampirkan didalam sistem informasi industri nasional (SIINas) ini.

Kemudian dilanjutkan pemaparan tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri Industri Kecil (TKDN-IK) oleh Ibu Eva Laida. “Penerbitan sertifikat TKDN ini didapatkan secara gratis Hal ini untuk mempermudah pelaku IKM mendapatkan sertifikat TKDN tanpa harus memikirkan biayanya. Masa berlaku sertifikat ini selama 3 tahun dan dapat diperpanjang kembali”. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendorong peningkatan sertifikasi TKDN industri kecil (TKDN IK), sehingga para pelaku industri kecil bisa berpartisipasi pada pengadaan barang dan jasa pemerintah yang akan berakhir pada penghentian penggunaan produk lokal.

IKM juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi kepada tim dari kemenperin terkait kendala dalam pembuatan akun SIINas, cara upload laporan dsb. Begitupun kendala dalam melengkapi persyaratan yang ada pada platform pengisian TKDN.

Besar harapan adanya peningkatan jumlah IKM yang mendaftarkan produknya pada SIINas dan sudah memiliki Serridikat TKDN sehingga penggunaan produk lokal dalam lingkup pemerintah baik lokal maupun nasional dapat dilakukan secara menyeluruh yang tentunya mampu menjadikan IKM kita khususnya NTB semakin naik kelas.