20 Mei 2024

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal: Kadisperin NTB Ajak Ditjen IKMA Kemenperin untuk Melihat Industri Mutiara di Kota Mataram

Mataram – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan dukungan terhadap industri kecil menengah di Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas Perindustrian NTB mengajak Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka untuk melakukan kunjungan ke salah satu sentra IKM Mutiara yang terkemuka di kota Mataram yaitu IKM Ragenda MOP Gallery.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperlihatkan potensi dan kontribusi IKM Mutiara dalam pengembangan ekonomi lokal serta untuk membahas langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan industri di Nusa Tenggara Barat, Kekalik Selasa 3/4/2024.

Selama kunjungan, tim dari Ditjen IKMA diajak untuk melihat langsung proses produksi dan pengolahan mutiara di rumah produksi IKM Ragenda MOP Gallery. Mereka juga berkesempatan untuk bertemu dengan para pelaku industri dan mendengarkan berbagai tantangan dan kebutuhan yang dihadapi oleh mereka dalam menjalankan usahanya.

“Dengan hadirnya Bu Reni Ditjen IKMA ke NTB, kami berharap dapat memperlihatkan potensi besar yang dimiliki oleh industri kecil menengah, khususnya industri mutiara, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” ungkap Kadisperin NTB Nuryanti (3/4).

Kunjungan Ditjen IKMA ke IKM Mutiara di Kota Mataram diharapkan dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan IKM di Nusa Tenggara Barat.

“Saya sangat terkesan dengan potensi dan kualitas produk yang dihasilkan oleh industri kecil menengah mutiara di Kota Mataram. Langkah-langkah inovatif yang mereka ambil dalam proses produksi merupakan bukti nyata akan dedikasi dan kreativitas para pelaku industri lokal ini. Kami dari Ditjen IKMA berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat industri kecil menengah seperti ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas di Indonesia” ujar Bu Reni Ditjend IKMA (3/4).

Diharapkan, langkah-langkah konkret dapat diambil setelah kunjungan ini untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan industri kecil menengah, khususnya industri mutiara.

“Kunjungan ini adalah pengakuan atas kerja keras kami dalam mengembangkan industri mutiara lokal, kami yakin kami dapat lebih berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian lokal“ tutup Pak Muharar selaku pemilik IKM Ragenda MOP Gallery.