20 Mei 2024

Disperin NTB Mendampingi Tim dari Ditjen IKMA Kemenperin dalam Verifikasi Data IKM Tenun Semoyang: Persiapan Pelatihan Bimbingan Teknis

Selasa 2 April 2024, Dinas perindustrian NTB mendampingi Tim dari Ditjen IKMA Kementerian perindustrian dalam melakukan verifikasi dan validasi data IKM tenun yg ada di semoyang. Inventarisasi ini dilakukan untuk menginventarisir kebutuhan pelatihan bimbingan teknis terhadap IKM tenun semoyang,. yg mana hal ini adalah tindak lanjut dari hasil kunjungan Jum’at Salam ( Jumpai masyarakat selesaikan perso’alan di masyarakat ) yg merupakan program PJ Gubernur sa’at ini,. Dikunjungan Jum’at Salam akhir Januari 2024 lalu Dinas Perindustrian NTB menemukan bahwa ada potensi ( tenun ) yang masih belum terangkat didesa Semoyang yg perlu  disentuh untuk dibranding sehingga bisa dikenal luas dan mendapatkan pasar sehingga dapat menghasilkan roda ekonomi yg baik untuk masyarakat desa semoyang.

Bersama dengan Tim Ditjen IKMA Kemenperin Perindustrian, Dinas Perindustrian NTB akan melakukan pembina’an terhadap IKM tenun desa Semoyang Lombok tengah. Rencana pembinaan yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan IKM tenun semoyang yaitu terkait pencelupan pewarna’an Alam yg lagi trend dipasar sa’at ini, juga tehnik kombinasi motif tenun sehingga akan memperkaya motif tenun semoyang.

Selain mengunjungi IKM tenun Tim Kemenperin jg melakukan kunjungan ke IKM produksi alat tenun, untuk melihat potensi dan kemampuan IKM dlm menyediakan alat tenun yg berkualitas yg akan menghasilkan ukuran tenun sesuai standar kebutuhan pasar.

Dari bimbingan tekhnik yg akan dilakukan bulan Mei – Juni 2024 nanti diharapkan IKM bina’an dapat mengikuti kompetisi event – event nasional seperti event Bangga Buatan Indonesia dan lain sebagainya sehingga IKM tenun semoyang terus mendapatkan pembinaan dan pembiayaan,.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau IKM lain sehingga IKM NTB dapat tumbuh dan berkembang, sebagaimana yg diharapkan.