20 Mei 2024

Safari Ramadhan di KSB dan Sumbawa, Disperin NTB Bagikan Hampers Ramadhan

Jumat, 29 Maret 2024
Sumabawa Barat – Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian mendampingi Kunjungan Kerja dan Kegiatan Safari Ramadhan Pj. Gubernur Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa Barat. Rombongan pemprov NTB yang dipimpin oleh Pj. Gubernur NTB di sambut oleh Bupati Kabupaten Sumabawa Barat di Pendopo Bupati.

Kegiatan Syafari Ramadhan diawali dengan Operasi Pasar Murah, kemudian Kajian, Buka Bersama, Taraweh dan Pemberian Kain Sarung Tenun buatan IKM Lokal binaan Dinas Perindustrian Provinsi NTB yang diserahkan oleh Pj. Gubernur Provinsi NTB kepada Pengurus Masjid Kabupaten Sumbawa Barat.

Turut Hadir pada Syafari Ramadhan di Kabupaten Sumbawa Barat Sekertaris Daerah Pemprov NTB, Kepala OPD se Provinsi NTB, dan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur NTB menyampaikan tentang penurunan stunting sebesar 8,1% yang merupakan prestasi besar bagi NTB karena merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dalam menanggulangi masalah satunting, pencapaian ini merupakan usaha yang dilakukan oleh seluruh perangkat daerah bekerjasama dengan pihak terkait dan peran serta masyarakat garda depan.

Sabtu, 30 Maret 2024
Penjabat Gubernur Provinsi NTB bersama rombongan mengunjungi rumah produksi Olahan Daging Kuda (ODK) yang di sambut oleh PT. AMMAN. IKM ODK merupakan salah satu binaan PT. AMMAN melalui program sinergis selaras dan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian.

Ibu Sulaswati selaku IKM ODK menyampaikan kepada Penjabat Gubernur Provinsi NTB cara pembuatan Sate Daging Kuda, dari mulai pemotongan daging kuda, pengulitan, pemotongan daging, penusukan daging, marinasi bumbu dengan daging, pembakaran, hingga pengemasan Sate Daging Kuda.

“PT. AMNT mengangkat potensi msayarakat yang ada, dari 91 binaan dalam program sinergis dan berselaras salah satunya ada IKM ODK (Olahan Daging Kuda), kedepannya Dinas Perindustrian bisa mengawal untuk memenuhi standar izin seperti Halal, Pirt, dan BPOM. ODK hadir sebagai oleh-oleh Provinsi NTB terkhusus Kabupaten Sumbawa Barat. Provinsi NTB hadir dengan kekayaan hewan olahannya, salah satunya kuda, kuda yang kita kenal untuk pacuan, sekarang menjadi makanan khas pulau sumbawa, produk olahan ini menambah cindramata NTB selain yang sudah ada seperti sate rembige, ayam taliwang, ayam rarang, sekarang hadir sate daging kuda, saya bangga dengan peningkatan produk ikm di NTB” ucap Penjabat Gubernur Provinsi NTB dalam kunjungan ke produksi Olahan Daging Kuda (ODK) di sela-sela Safari Ramadhan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan berupa 1 unit alat Hand Sealer dan kemasan Standing Pouch sebagai upaya peningkatan kualitas produk dan kemasan ODK.

Harapan Penjabat Gubernur Provinsi NTB, Dinas Perindustrian Provinsi NTB dapat memberikan pembinaan dan pengembangan 1 lagi produk kuliner legend unggulan dari Kabupaten Sumbawa Barat yaitu ODK.