20 Mei 2024

Disperin NTB Intervensi dan Verifikasi terhadap IKM Tenun di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah

Industri Kecil Menengah Tenun atau dapat disingkat menjadi IKM Tenun adalah jenis industri kecil yang menghasilkan produk kain tenun. IKM Tenun merupakan warisan budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia, terutama di Nusa Tenggara Barat dan daerah-daerah lainnya. Kain tenun yang dihasilkan oleh IKM Tenun mempunyai keunikan tersendiri yang dihasilkan dengan tangan dan mesin tenun tradisional serta pewarnaan alami.

Pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2024, Tim Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan Inventarisasi dan Verifikasi terhadap IKM Tenun di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Tujuan dari inventarisasi dan verifikasi yang dilakukan adalah untuk mengetahui kondisi dan perkembangan kegiatan produksi IKM Tenun sebagai salah satu industri kecil menengah yang penting dalam pengembangan ekonomi di daerah setempat.

Dalam kegiatan inventarisasi dan verifikasi tersebut, tim dari Dinas Perindustrian melakukan survei dengan meninjau langsung ke lokasi produksi IKM Tenun untuk memeriksa kondisi produksi, ketersediaan bahan baku dan peralatan produksi, serta memeriksa kualitas kain tenun yang dihasilkan.

Hasil dari Inventarisasi dan Verifikasi yang dilakukan oleh Tim Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat menunjukkan bahwa kegiatan produksi IKM Tenun di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah telah berkembang dengan baik selama ini. Meskipun dalam perkembangannya terdapat beberapa kendala, namun pengusaha IKM Tenun masih bisa memenuhi permintaan pasar lokal dan nasional.

Dalam hal ketersediaan bahan baku, pengusaha IKM Tenun mengalami beberapa kendala dalam hal pemenuhan bahan baku, namun mereka masih mampu untuk mendapatkan bahan baku kain tenun yang diperlukan. Untuk kualitas produk, IKM tenun Semoyang terus meningkatkan kualitas produknya memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh pasar.

Melalui kegiatan inventarisasi dan verifikasi yang dilakukan oleh Tim Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat, ditemukan bahwa IKM Tenun di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah merupakan industri kecil menengah yang mempunyai potensi yang besar dalam pengembangan ekonomi di daerah setempat. Dengan adanya bantuan pelatihan keterampilan dan pemasaran dari pemerintah daerah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing di pasar sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian masyarakat di sekitarnya.