22 April 2024

Sambut Hari Peduli Sampah Sedunian: GPL NTB Akan adakan Dialog Publik Tentang Pengolah Limbah Industri

Dalam rangka menyambut hari peduli sampah sedunia yang jatuh pada 21 Februari setiap tahunnya, Gerakan Mahasiswa Peduli Lingkungan akan adakan seminar dan dialog publik tentang pengelolaan limbah industri yang ada di NTB.

Industri hijau yang santer dibicarakan hari ini menjadi perhatian oleh Gerakan Mahasiswa peduli lingkungan NTB, kedatangan ke Kantor Dinas Perindustrian NTB untuk menyampaikan hajat baiknya untuk mengundang secara langsung Dinasti Perindustrian sebagai pembicara dalam acara dialog terkait dengan pengelolaan limbah industri yang ada.

Sepeti yang kita ketahui industri hijau adalah industri yang mengutamakan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan dalam proses produksinya. Mulai dari pemilihan bahan baku, peralatan produksi, proses produksi, sampai pembuangan limbah agar ramah lingkungan. Kebijakan industri hijau juga disertai dengan sertifikat industri hijau. Sertifikat ini untuk menandai dan mengapresiasi industri yang telah melaksanakan ketentuan industri hijau.

Kepala Bidang Kerjasama investasi, pengawasan dan promosi industri, Arifin SH., MH. Dan tim menerima kunjungan dari Gerakan Mahasiswa Peduli diruang kerja Bidang Kerjasama Dinas Perindustrian NTB Kamis 22/02/2024

Perkembangan industri di tanah air makin lama makin pesat. Keberadaanya sangat berdampak pada perkembangan perekonomian negara melalui penyerapan tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan menambah pemasukan pajak bagi negara.Namun masih banyak industri yang kurang memperhatikan kelestarian lingkungan sehingga terjadi pencemaran lingkungan baik di air, udara, maupun tanah. Hal ini lah yang menjadi alasan gerakan mahasiswa peduli lingkungan NTB akan melakukan kegiatan dialog tersebut.

Selain mendatangi Dinas Perindustrian NTB, Gerakan Mahasiswa Peduli Lingkungan juga akan melakukan silaturahmi ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB yang juga akan menjadi Narasumber dalam acara yang akan diadakan.

Rencana kegiatan ini akan diadakan dalam waktu dekat dengan peserta dari Mahasiswa secara umum dan terbuka