22 April 2024

Disperin NTB Menjadi Bagian Dari Percepatan Pengembangan Energi Hijau di NTB

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Fungsional Pembina Industri Dinas Perindustrian NTB, Ety Hartati menghadiri Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur tentang Pengembangan Energi Hijau di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Energi hijau atau energi ramah lingkungan merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alami yang tidak memiliki efek negatif terhadap lingkungan dan dapat diperbaharui dalam jangka Panjang. Rapat yang bertempat di Aula Dinas ESDM Provinsi NTB ini juga dihadiri oleh Perwakilan BRIDA, Perwakilan Biro Hukum Setda Prov. NTB, Perwakilan PT PLN UIW NTB, dan Perwakilan PT Pertamina Wilayah NTB. (Senin, 12 Februari 2024)

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB menyampaikan rencana percepatan pengelolaan energi bersih secara optimal dalam rangka program “Net Zero Emission” pada tahun 2050. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka diperlukan Peraturan Gubernur sebagai arahan, landasan, dan kepastian hukum bagi Pemerintah Provinsi NTB.

Ada beberapa masukan yang diberikan oleh peserta dari rapat tesebut. Salah satunya dari Biro Hukum yang memberi masukan untuk mengusulkan SK Tim Penyusun Pergub Tahun 2024 pada Biro Hukum Setda Prov. NTB. Dengan demikian, rapat ini akhirnya menemukan titik terang, dimana SK Tim Penyusunan Pergub Tahun 2024 dalam hal pengembangan energi hijau di Provinsi Nusa Tenggara Barat akan segera dibuat.