22 April 2024

Disperin NTB Menunjang Penyelenggaraan Teaching Factory Bagi Siswa SMK

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Workshop Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendukung Penyelenggaraan Teaching Factory (TEFA). TEFA merupakan program pembelajaran berbasis produksi atau jasa. Mengacu pada standar dan prosedur yang mengarah pada industri. Kegiatan ini diadakan di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar dan SMK Negeri 3 Sumbawa Besar (12/02). Kepala Bidang Sarana, Prasarana, dan Pemberdayaan Industri Disperin NTB, DR. Aryanti Dwiyani, S.Pt., M.Pd hadir sebagai perwakilan dari Kepala Dinas Perindustrian NTB.

Dalam penyelenggaraan Teaching Factory, Dinas Perindustrian Provinsi NTB memiliki peran penting dalam mendukung keberlangsungan program tersebut dari berbagai aspek. Sehingga dapat memberikan pengalaman praktis kepada siswa dan mempersiapkan mereka untuk masuk ke dunia kerja dengan keterampilan yang sesuai tuntutan industri. Oleh karena itu, kualitas pendidikan SMK dapat meningkat serta hubungan antara dunia pendidikan dan industri semakin kuat.

Kepala Sekolah SMKN 2 Sumbawa Besar Bapak Khaeruddin, S.Pd., M.Pd menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memasifkan iklim industri di sekolah. Karena pemerintah memiliki program unggulan industrialisasi dan penting bagi pihak SMK untuk terlibat aktif di dalamnya. Namun masih ada kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaannya. Seperti terbatasnya ruangan yang digunakan untuk proses produksi, tidak tersedianya bahan baku, pengurusan perizinan, pendaftaran hak cipta, branding dan kemasan produk. Harapannya kegiatan ini menjadi langkah awal agar SMK di Sumbawa Besar dapat menjalin kerjasama dengan Dinas Perindustrian.