22 April 2024

Disperin NTB Bersama KP Bank Indonesia NTB: Siap untuk Maksimalkan Potensi Industri Kecil Menengah

Mataram – Dalam upaya untuk mengembangkan potensi IKM di NTB, Dinas Perindustrian berencana menjalin kerjasama strategis dengan Bank Indonesia (BI). Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan akses keuangan bagi para pelaku IKM, serta memberikan dukungan dalam hal pengembangan usaha dan pemahaman terhadap peran lainnya.

“Kami percaya bahwa dengan akses yang lebih baik terhadap layanan, pembinaan yang intens, para pelaku IKM akan dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka dan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian daerah,” ujar Nuryanti selaku Kadisperin NTB (13/02/2024).

Salah satu poin dari kerjasama ini kedepannya ialah penyelenggaraan workshop dan atau pelatihan bagi para IKM yang berjumlah 100 peserta dari IKM binaan Disperin yang kemudian nanti akan diseleksi hingga 50 peserta IKM setelah difilter hingga menjadi binaan khusus. Target pelaksanannya pada bulan Maret mendatang.

Tidak hanya disitu kolaborasi yang akan dicanangkan Disperin menawarkan kepada BI tentang bagaimana untuk menghidupkan para petani dengan konsep Petani Milenial untuk nantinya menyiapkan berbagai pasok kebutuhan bagi para konsumen hingga business matching sesama IKM dan juga ke tahap ekspor.

Respon dari BI yang cukup menyegarkan diharapkan kolaborasi ini dapat menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan serta peningkatan daya saing IKM lokal. Langkah-langkah konkret seperti pelatihan dan akses yang lebih mudah diharapkan dapat mengubah paradigma bisnis para pelaku IKM menuju arah yang lebih berkembang dan berkelanjutan.