22 April 2024

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Gala dinner yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian NTB dalam rangka merayakan keberhasilan Bimtek Pengolahan Makanan Bersama Joongla, dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian NTB dan Kepala Dinas Perindustrian Kota Mataram. Acara yang diadakan di Sekar Cafe (Sunset Land) pada Senin, 12 Februari 2024 ini dipandu oleh Mauludynna selaku founder Joongla dengan mengusung tema fine dining. Dimana konsep penyajiannya berkualitas dan artistik.

Menu-menu yang disajikan berbeda dari yang lain karena sang koki mampu menghadirkan inovasi-inovasi baru pada makanan yang dibuat. Sehingga dibutuhkan kreatifitas yang tinggi di sini. Melalui kegiatan ini para IKM dapat menyaksikan langsung bagaimana cara menyajikan hidangan-hidangan berkualitas tinggi dengan mengedepankan kreatifitas. Makanan disajikan satu per-satu mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutupnya. Setiap makanan yang disajikan menggunakan bahan-bahan pilihan dengan memanfaatkan seluruh komponen yang ada pada bahan baku. Sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia dan disajikan secara cantik di atas piring.

Event di Sunset Land seperti ini merupakan upaya dari Disperin NTB dan akan terus dijalankan. Bahkan membuatkan target bagi para IKM yang sudah mendapat pelatihan untuk mengeluarkan menu baru setiap bulannya, menggunakan bahan-bahan lokal dan mendorong industrialisasi pasar lokal. Nuryanti, SE., ME mengatakan “Penggiat industri makanan harus mampu membuat kreasi pada makanan lokal. Agar tidak kalah dengan makanan luar negeri. Jangan sampai anak-anak kita tidak bisa mengenali makanan khas daerahnya”. Untuk mempercepat promosi, kedepannya juga akan melibatkan para content creator.

Acara tersebut berhasil diselenggarakan dan telah mencapai tujuannya yakni membangun keakraban bersama seluruh pihak yang terlibat. Kemudian membangun team work yang baik karena ada kolaborasi antara Chef Joongla dengan para IKM dalam proses pembuatan makanannya, menumbuhkan kreativitas peserta, meningkatkan kemampuan mengolah makanan, dan menjadi acara penutup yang berkesan untuk Joongla, Disperin NTB, dan IKM NTB.