22 April 2024

Dinas Perindustrian NTB Mengambil Peran dalam Percepatan Pembangunan Pabrik Garam di Kabupaten Bima

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Persiapan pembentukan tim pembangunan pabrik garam di Kabupaten Bima dilakukan di ruang rapat BAPPEDA Provinsi NTB pada hari Senin, 12 Februari 2024. Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi NTB dan dihadiri oleh berbagai dinas dan instansi, baik secara langsung maupun daring. Salah satu yang hadir dalam rapat ini adalah Asesor Manajemen Mutu Industri Dinas Perindustrian NTB.
Adapun tujuan dari rapat ini adalah untuk mempercepat pembangunan pabrik garam di Kabupaten Bima dengan memfasilitasi pembentukan Tim Pembangunan Pengolahan Garam. Dalam hal ini pemerintah pusat Kementrian Kelautan dan Perikanan menunjukkan keseriusannya dengan memberikan hibah berupa pabrik garam yang berada di Kabupaten Bima dan akan diterima oleh Koperasi di sana.
Namun, Dinas Koperindag Kab. Bima mengungkapkan beberapa kendala, terkait pengelola yang akan ditunjuk oleh pemerintah daerah dan status tanah yang dikelola oleh Perumda Kab. Bima, sampai saat rapat koordinasi masih belum jelas. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. NTB beserta OPD yang terkait akan memfasilitasi dan mendorong terbentuknya pengelola pabrik garam dan status lahan yang terjamin. Sehingga tidak akan timbul masalah di kemudian hari.
Dari kendala di atas, Dinas Perindustrian NTB akhirnya ditugaskan untuk mengidentifikasi kebutuhan garam terhadap perhotelan, farmasi dan kebutuhan industri lainnya. Selain itu, Dinas Perindustrian juga dapat memastikan ketersediaan sumber daya untuk mengoperasikan peralatan yang ada di pabrik garam tersebut sudah tersedia.
Demi kelancaran operasional, Kepala BAPPEDA Provinsi NTB juga menyampaikan beberapa rekomendasi solusi untuk kendala-kendala yang dihadapi. Di antaranya, memastikan status lahan yang akan digunakan untuk pembangunan pabrik garam tidak bermasalah, mendukung dan memfasilitasi masa pra-konstruksi;konstruksi;operasional, serta menjaga keberlangsungan pabrik garam, sehingga usaha dapat dikembangkan.
Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan pabrik garam di Kabupaten Bima, seluruh pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama dengan optimal dan menjalin sinergi. Karena pembangunan pabrik garam ini tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan perekonomian daerah setempat.