21 Februari 2024

Disperin NTB Berkolaborasi dengan Joongla: Membuka Pintu Dunia untuk Kuliner Lokal

Acara pembukaan Bimbingan Teknis Pengembangan Pengolahan Makanan yang diadakan di Kantor Desa Sembalun Lawang pada Jum’at, 9 Februari 2024, dihadiri oleh Plh Sekertaris Dinas Perindustrian yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB, Kepala Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Industri H. Subandi S. Km mewakili Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Utara dan Kepala Desa Sembalun Lawang Hasbi Hair.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengolahan makanan dan memperkaya kuliner di Sembalun agar dapat dinikmati para wisatawan mancanegara. Dalam kesempatan ini, H. Lalu Luthfi ST., M. Si menyampaikan pentingnya memperhatikan kuliner yang disajikan oleh pelaku industri makanan lokal kepada para tamu di desa wisata Sembalun.

Berkat pengadaan Bimtek ini, IKM di Kabupaten Lombok Timur, khususnya Sembalun yang menjadi destinasi wisata unggulan, telah menerima suntikan energi baru untuk menjalankan usahanya. Mengingat jumlah wisatawan yang datang ke Sembalun terus meningkat setiap harinya. Sehingga potensi kuliner di Sembalun semakin terbuka lebar. Oleh sebab itu Bimtek ini menjadi momentum penting untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pengolahan makanan. Dengan tetap mempertahankan cita rasa Nusantara yang khas.

Melalui materi yang disampaikan oleh Farah Mauludynna selaku Founder Joongla, para peserta bimtek mendapatkan wawasan tentang bagaimana memanfaatkan platform media sosial untuk memperkuat identitas kuliner lokal Sembalun dan menjangkau pasar global.

Tidak menutup kemungkinan, kolaborasi antara para IKM lokal dan penggiat industri kuliner seperti Joongla ini mampu membawa revolusi pada bidang kuliner di Lombok. Langkah ini tidak hanya akan meningkatkan daya tarik wisata Sembalun, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal serta memperkuat warisan kuliner Indonesia.