16 Juni 2024

Disperin NTB Mengadakan Bimtek Kedua untuk IKM Menggali Potensi dan Siasati Tantangan Bisnis

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengadakan Bimtek Pengolahan makanan bagi IKM di Kota Mataram hari kedua pada Selasa (6/2) yang bertempat di Aula HIP Disperin NTB. Bimtek hari kedua diikuti oleh 20 peserta dari IKM Kota Mataram. Tema yang diangkat kali ini adalah “Branding Foundation” yang disampaikan oleh pemateri pertama yaitu Mauludynna.

Pemateri menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya story brand. Sehingga mereka diajarkan bagaimana cara membuat story brand yang baik dan benar menggunakan 7 pilar pertanyaan. Story brand yang telah berhasil dibuat kemudian dipresentasikan di hadapan seluruh peserta. Latihan seperti ini akan melatih otak untuk berfikir, mengidentifikasi masalah, hingga menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi usahanya. Pemateri menekankan kepada peserta agar memposisikan brand yang dimiliki sebagai pemandu, bukan sebagai fokus utama segalanya.

Setelah sesi pertama berakhir, kemudian peserta mengikuti workshop dari Prasaja Mukti. Workshop ini bertujuan untuk membantu bisnis berbagai skala. Prasaja menegaskan kepada para pelaku IKM untuk terus menggali potensinya, fokus pada prioritasnya, dan mengajarkan peserta cara mensiasati bisnis kuliner. Agar prioritas bisnis makin kuat, hubungan dengan customer makin erat.