7 Mei 2021

Inovasi Susu Kambing, Dari Minuman kini Menjadi Produk Kosmetik

Umumnya masyarakat mengenal susu kambing sebagai alternatif pengobatan berbagai penyakit dan dikonsumsi dalam bentuk segar, tetapi IKM Sejati Farm melakukan inovasi dengan mengolah Susu kambing menjadi berbagai produk kebutuhan rumah tangga hingga produk kosmetik. Dalam pengolahan produknya, IKM Sejati Farm menggunakan Garam industri non yodium yang dibeli dari IKM Garam di Utan, Sumbawa juga menggunakan Minyak Sumbawa sebagai anti bacterial untuk produk sabun.

Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB Nuryanti, SE., ME. yang didampingi oleh Bidang Agro melakukan kunjungan ke Peternakan dan Pabrik IKM Sejati Farm. Dalam kunjungannya, Kadisperin Prov. NTB sangat mengapresiasi pemanfaatan susu kambing yang diolah menjadi berbagai macam produk, diantaranya:

1. Susu Kambing berbagai Varian

2. Susu Pasteurisasi berbagai Varian

3. Parfum Laundy

4. Detergen Cair

5. Softener

6. Facial soap

7. Facial scrub

8. Body soap

9. Body scrub

10. Body Wash

11. Shampo susu

12. Handsanitizer

13. Pembersih kaca

14. Sabun cuci piring, dll

Kadisperin Prov. NTB juga menyarankan untuk terus berinovasi mengembangkan susu kambing yang dikombinasikan dengan Minyak Kelapa dan Essense Oil, tentunya bekerjasama dengan IKM lokal.

IKM Sejati Farm yang belum memiliki legalitas perizinan berharap adanya bimbingan dan pendampingan dari disperin untuk memfasilitasinya. Menanggapi hal tersebut, kadisperin berkomitmen untuk membina dan membantu dalam memfasilitasi legalitas produk IKM Sejati Farm.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#ikmkerjakerasikmnaikkelas