7 Mei 2021

“Kadisperin NTB Dampingi Gubernur NTB Dalam Rangka Bali – NTB Connection”

Penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Nusa Tenggara Barat yang ditandatangi oleh Gubernur NTB dan Gubernur Bali, yang dilaksanakan di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Jaya Sabha Jl. Surapati No.1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur.

Pembahasan dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Bali dan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Maksud Perjanjian ini adalah sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas SDM IKM/UKM dan standarisasi komoditi dan produk.

Tujuan Perjanjian ini adalah untuk meningkatkan peran industri dan perdagangan dalam perekonomian di Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Perjanjian ini meliputi kegiatan peningkatan kualitas SDM IKM/UKM, pengembangan teknologi dan promosi bersama produk IKM/UKM; dan Pemenuhan kebutuhan bahan pokok di masing-masing daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki melalui perdagangan antar pulau, dengan tetap mengedpankan kearifan lokal provinsi masing-masing.

Dari hasil pembahasan lebih lanjut dengan Disperindag Provinsi Bali yang akan dituangkan lebih terinci dalam Rencana Kerja Tahunan OPD.

Beberapa rencana kerja pemerintan Provinsi NTB yang telah dibicarakan antara lain : Pengembangan SDM IKM dalam hal finising kerajinan ketak, furniture, kerajinan perak, garam Industri yang diolah menjadi garam kosmetik, khususnya SPA.

Dalam pembahasan tersebut Provinsi Bali sangat tertarik dengan kemajuan Provinsi NTB, dimana Provinsi Bali ingin mengembangkan SDM IKM bidang : permesinan khususnya sepeda motor listri, pengolahan rumput laut menjadi karagena, dan pengembangan kemasan kaleng untuk ayam betutu seperti yang provinsi NTB lakukan pada produk ayam taliwang kaleng dan vacum.

Bali NTB Connection ini adalah bentuk sinergi bersama menuju NTB Gemilang.