22 April 2024

Tim Dinas Perindustrian Provinsi NTB yang dipimpin oleh Plh. Sekretaris H.Lutfi, MT didampingi Kepala Bidang Sarpras Dr. Aryanti Dwiyani dan Kepala BKPD Bpk Agus Supriyanto Apt. kembali melaksanakan kegiatan Jumat Salam yang merupakan salah satu program unggulan Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si. Kegiatan Jumat Salam kali ini berlokasi di desa Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur.

Beberapa Tokoh Masyarakat dan pelaku usaha hadir pada kegiatan ini. Dinas Perindustrisn Provinsi NTB mendengarkan permasalahan atau kendala yang disampaikan langsung oleh Kepala Desa, Bpk Musyahid, S.Sos.

“Desa Mamben Lauk merupakan desa terbaik ke 2 dalam penanganan stunting di kecamatan Wanasaba”. Ungkap Pak Kades

Desa ini memiliki beberapa usaha yang sudah cukup lama berjalan seperti pengrajin Suri (sisir gedogan), Nugget dan sosis dari (ikan, ayam, dan sapi) dan Pangan olahan seperti pangsit, pukis, dsb. Namun rata-rata permasalahannya dipermodalan.

Dalam kunjungan ini, tim dinas perindustrian tidak hanya mendengarkan, tetapi juga memberikan saran dan masukan serta memberikan bantuan kepada PKK Desa Mamben Lauk berupa Hand sealer yg diterima langsung oleh Ibu Kades yg akan dimanfaatkan perorangan/kelompok usaha pangan yg dikelola PKK Desa, berupa stick bawang, pangsit, pukis, bolu cake, Lemper, dll.

Diakhir kegiatan, tim berkunjung ke beberapa IKM salah satunya IKM pengrajin Suri. Suri merupakan alat pengontrol tetal benang/benang lusi dalam kain. Masyarakat desa ini banyak yang memproduksi sisir trsebut. Salah satu tantangan yang dihadapi pelaku IKM ini adalah keterbatasan dalam proses pemasaran.

Disampaikan oleh tim dinas perindustrian untuk membangun jejaring lebih luas dan memanfaatkan digital sebagai langkah maju untuk mendapatkan mitra/konsumen lebih luas.