22 April 2024

BPS Ungkap Perkembangan di NTB, Dinas Perindustrian Berharap Perkembangan yang Tidak Merugikan

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, tim data ikut serta dalam acara Berita Resmi Statistik yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) NTB. Dalam pertemuan ini, Kepala BPS Provinsi NTB, Drs. Wahyudin M.M membahas perkembangan dari berbagai sektor di NTB, Kamis (1/2) kemarin. Disampaikan bahwa pada Januari 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 2,87 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,73. Sedangkan tingkat inflasi month to month (m-to-m) dan tingkat inflasi year to date (y-to-d) Provinsi Nusa Tenggara Barat bulan Januari 2024 masing-masing sebesar 0,04 persen.

Inflasi tersebut terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks kelompok pengeluaran dari kelompok makanan, minuman dan tembakau, pakaian dan alas kaki, perumahan, air, listrik, bahan bakar rumah tangga, perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga. Kemudian kesehatan, transportasi, rekreasi, olahraga, budaya, pendidikan, restoran, serta perawatan pribadi dan jasa lainnya juga merupakan kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks.

Selain inflasi yang terjadi, Nilai Tukar Petani Provinsi NTB di Bulan Januari juga mengalami kenaikan sebesar 1,81% dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan NTP ini dikarenakan indeks harga yang diterima petani (It) naik sebesar 1,52% sementara indeks harga yang dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,29%. Sebagian besar NTP bernilai di atas 100 kecuali untuk subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat yaitu sebesar 99,23.

Menyusul sektor pertanian, perhotelan Provinsi NTB baik Hotel Bintang maupun Hotel Non Bintang juga mengalami perkembangan. Pada bulan November 2023, TPK Hotel Bintang sebesar 40,32% dan mengalami kenaikan sebesar 2,95% pada bulan Desember. Sehingga TPK Hotel Bintang tercatat sebesar 43,27% dengan jumlah tamu 99.657 orang. Disamping itu, TPK Hotel Non Bintang pada bulan Desember mengalami peningkatan sebesar 2,59%. Sehingga TPK Hotel Non Bintang menjadi 24,89% dengan jumlah tamu yang tercatat sebanyak 78.745 orang.

Perkembangan dunia perhotelan di NTB tentunya memberi dampak bagi perkembangan transportasi baik yang melalui angkutan laut maupun penerbangan. Diketahui Jumlah penumpang yang datang melalui angkutan laut pada bulan Desember 2023 naik sebesar 12,50%. Demikian juga jumlah penumpang berangkat, naik sebesar 1,64%. Selanjutnya, jumlah penumpang yang datang dan memilih jalur penerbangan sebanyak 99.728 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 5,67% jika dibandingkan dengan bulan November 2023.

Setelah menghadiri acara Berita Resmi Statistik, Disperin NTB berharap agar Provinsi NTB terus mengalami peningkatan yang positif dari berbagai aspek.