22 April 2024

DISPERIN Ikut Andil Persiapkan HUT MAPORINA ke-24

Kamis, 1 Februari 2024. Kepala Dinas Perindustrian NTB diwakili oleh Pejabat Fungsional Pembina Industri Yana Mulyana menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi terkait Tindak lanjut Penyelenggaraan Peringatan HUT Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) ke-24 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah NTB di Ruang Rapat Anggrek Kantor Gubernur NTB.

MAPORINA yang sudah berdiri selama 24 tahun sejak tahun 2000 lalu, akan mengadakan kegiatan peringatan HUT ke 24 yang sebelumnya sudah disepakati akan diselenggarakan di Provinsi NTB. Berdasarkan hal itu, pengurus MAPORINA NTB berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB untuk bekerjasama dalam mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan ini dengan harapan kegiatan peringatan HUT ini berjalan dengan lancar dan baik, mengingat pentingnya hal ini karena Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah yang akan menerima kunjungan dari perwakilan 38 Provinsi di Indonesia yang telah siap menghadiri penyelenggaraan peringatan HUT MAPORINA ke 24.

Kegiatan peringatan HUT MAPORINA ke 24 akan diselenggarakan mulai dari tanggal 23 sampai 27 Februari 2024. Peringatan HUT MAPORINA ini dirangkai mulai dari kegiatan Field Trip Agroeduwisata Organik Pulau Lombok selama 2 hari ke berbagai daerah pertanian di pulau lombok, seperti Lingsar, Kuripan, Sembalun, sampai dengan Lombok Utara. Kemudian, diselenggarakan Pameran Produk Pertanian Organik Indonesia mulai dari tanggal 26 sampai 27 Februari 2024 yang berlokasi di Area BRIDA NTB.

HUT MAPORINA ini juga dirangkai dengan Sarasehan dan Seminar Nasional dengan tema Kolaborasi untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan, dengan berbagai pembicara, seperti Menko Perekonomian, Pj. Gubernur NTB, akademisi, praktisi dan pelaku usaha pertanian organik dari seluruh Indonesia. Terakhir, rangakain kegiatan HUT MAPORINA ini akan menyelenggarakan kegiatan Ramah Tamah dan Temu Bisnis Pertanian Organik yang dihadiri oleh pengurus MAPORINA seluruh Indonesia, Pengusaha Agribisnis Nasional dan Mitra Lokal Provinsi NTB.