22 Juli 2024

Mendorong Inovasi dan Kemitraan: Disperin NTB Langkah Merawat Industri Kecil Menengah (IKM)

“Mendorong Inovasi dan Kemitraan: Disperin NTB Langkah Merawat Industri Kecil Menengah (IKM)”

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB, Kepala Balai Kemasan Drs. Agus Supriyanto, Apt. bersama Kasi Teknik Kemasan Firmansyah, ST. dan Tim mengunjungi IKM UD Lista Ayam Taliwang Nada yang beralamat di Kampung Taliwang dan D’Gili yang beralamat di Batu Ringgit, Mataram. IKM yang dikunjungi adalah IKM kemasan steril yang rutin menggunakan layanan di Balai Kemasan. Kunjungan yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024 ini sekaligus meninjau perkembangan usaha sterilisasi komersial.

Hj. Darwati sebagai owner UD. Lista menyampaikan proses produksi sterilisasi Ayam Taliwang masih berlanjut namun hanya berproduksi saat ada permintaan.

“Selain produk ayam Taliwang yang bisa dikemas steril, UD. Lista juga memiliki beberapa produk diantaranya kripik ceker, keripik pelcing kangkung Taliwang, sambal pelcing kangkung, aneka bolu, kripik dan lain-lain” Ungkap Bu Hj (17/01).

Adapun layanan yang sering digunakan UD Lista di Balai Kemasan yaitu pembuatan kotak, kardus dan Stiker/ Label. Harapannya dalam kunjungan ini IKM tetap bersemangat dan produktif sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu meningkatkan pemasaran produk lokal.

Kunjungan kedua yaitu ke D’Gili, IKM yang sering menggunakan layanan sterilisasi komersial di Balai Kemasan dengan produk yang dimiliki yaitu Rendang sapi, Rendang Jengkol, dan olahan ayam. Untuk saat ini produk tidak selalu tersedia karena berproduksi sesuai dengan permintaan konsumen.

Sebagai bentuk komitmen kami di Disperin NTB melaksanakan kunjungan seperti merupakan cara agar terciptanya kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku usaha khususnya para binaan, sehingga terciptanya saran masukan untuk menunjang kemajuan ekonomi daerah pada sektor industri” Tutup Agus Kepala Balai Kemasan (17/01).