23 Juli 2024

Mataram – Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, SE., ME yang diwakili oleh PLH Sekdis Lalu Luthfi, ST., M.Si, Kabid Kerjasama Arifin, SH.,MH, Kabid Sarpras Dr. Aryanti Dwiyani, M.Pd, Kepala UPT BKPD Drs. Agus Supriyanto, Apt, dan Tim Percepatan Program Asep Kurniawan, S.Pt. menerima kunjungan kerja komisi II DPRD Kab. Sumbawa Barat yang bertempat di Aula HIP Disperin NTB. (Jumat, 12/01/2023).

Kunjungan tersebut disambut hangat oleh PLH Sekdis Lalu Luthfi beserta team Disperin NTB beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi II DPRD Sumbawa Barat atas kunjungan silaturahminya kepada Dinas Perindustrian NTB yang kurang lebih sudah 4/5 kali dalam berkunjung. Beliau berharap semoga pertemuan seperti ini selalu dijaga dengan baik.

Ketua Komisi II DPRD Sumbawa Barat Ahaerudin, SE., ME menyampikan maksud dan tujuannya dalam melakukan kunjungan tersebut ialah ingin mengetahui lebih dalam terkait program unggulan Disperin NTB pada tahun 2024. Beliau menyampikan bahwa potensi tentang industri di KSB sangatlah butuh perhatain khusus oleh pemprov melalui Disperin NTB.

Berangkat dari maksud dan tujuan kunjungan tersebut melalui PLH Sekdis beserta para kabid dan kepala balai hingga tim percepatan program menyimpulkan bahwa program unggulan Disperin NTB pada tahun ini fokus pada tiga sektor industri antara lain, muslim fashion industry, industry kosmetik, industry kuliner, dan yang terakhir khsusus untuk di KSB ialah smelter.

Dari beberapa penyampaian yang dilakukan oleh seluruh Team Disperin dan Team Komisi DPRD Sumbawa Barat menanggapi beberapa hal seperti tentang pembinaan IKM, perkembangan Smelter, hingga bagaiamana pemerintah provinsi bersama pemerintah daerah bisa berkolaborasi tentang potensi industri di KSB, khsusnya pada sektor hilirisasi dari berbagai bidang atau sektor lainnya seperti kuliner, pertanian, perikanan, dan lain sebagainya.

Secara garis besar perkembangan Smelter sudah berjalan kurang lebih 70% dan target penyelesainnya yaitu pada tahun 2024 ini.

Team DPRD Sumbawa Barat berharap dari ketiga program unggulan tersebut, KSB mendapat bagain khsusus dalam merealisasikan tujuan pembangunan daerah tersebut baik industrialisasi maupun hirilisasi.