23 Juli 2024

Disperin NTB melalui Team KOIN Gelar Ngopi Bareng bersama Komunitas Industri tentang potensi Industri di NTB

Mataram – Dalam sebuah upaya memperkuat sinergi di Provinsi NTB, Dinas Perindustrian NTB menggelar acara Ngopi Bersama komunitas dan stakeholder. Diskusi merinci langkah awal dan strategi bersama, membahas kolaborasi antar elemen masyarakat untuk meningkatkan industrialisasi di NTB tahun 2024. (Rabu, 11/1/2024).

Pentingnya kolaborasi tidak hanya sebatas industri, namun juga sektor sektor yang lain, seperti pendidikan dengan pendekatan eduwisata. sebagai contoh Disamping Sirkuit sebagai tempat balapan, diharapkan Disperin dapat memberikan ruang berkolaborasi antar komunitas industri dengan sekolah di NTB untuk mengoptimalkan potensi wisata edukasi, memberikan pengalaman berharga kepada anak didik dan mengembangkan sirkuit sebagai destinasi multi-fungsi.

Tak hanya itu, sinergitas dengan stakeholder seperti industri kecil menengah (IKM) dan komunitas lainnya menjadi krusial. IKM membutuhkan mediasi untuk promosi, sementara eduwisata memerlukan dukungan audio visual dalam era digitalisasi. Diharapkan komunitas film, ekspor, budaya, dan lainnya yang tergabung dalam komunitas industri (KOIN) bersinergi dalam memperkuat branding media, mendorong pertumbuhan industrialisasi yang lebih baik di NTB.

Dalam konteks ini, harapannya adalah sinergi yang kuat antara stakeholder, komunitas industri, dan pelaku pendidikan dapat memberikan dorongan signifikan untuk mencapai target industrialisasi 2024. Dengan dukungan komunitas film, ekspor, budaya, serta sektor lainnya, diharapkan NTB dapat tampil sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan bermartabat. Sebagai salah satu target dan hasil diskusi tersebut yaitu singkatnya peserta diskusi berharap kepada Disperin NTB atau Pemprov pada umumnya bisa segera merealisasikan segala hal perbincangan seperti menghidupkan kembali Meninting Bike Park, sebab semuanya sepakat untuk bisa mengembangkan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

Adapun komunitas yang turut hadir diantaranya komunitas Basement, Youtuber Lotim, Bisa Ekspor Lombok, IOT Mataram NTB, Cinta Berkain Indonesia, Ramekan.id, Asosiasi Kopi, Nice, Lombok Phonegraphy, Bengkel Aktor Lombok, Art Community, We Save NTB, Cendikia Robotic dan Besiru