17 Mei 2021

Musrenbang Provinsi NTB 2021, Reformasi Ekonomi untuk SDM yang Unggul

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME menghadiri agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB Tahun 2021 dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Senggigi Lombok Barat pada Kamis, 08/04/21.

Musrenbang merupakan forum klarifikasi, penyelarasan dan kesepakatan para pemangku kepentingan (stakeholder) terhadap usulan rencana kerja pada Perangkat Daerah Provinsi NTB. Usulan Rencana Kerja tersebut merupakan elaborasi dari perencanaan teknokratis yang dilakukan oleh Perangkat Daerah, hasil telaahan dari terhadap usulan masyarakat dan usulan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta hasil Reses Anggota DPRD yang telah di paripurnakan.

Tema Pembangunan untuk RKPD Provinsi NTB Tahun 2022 adalah “Reformasi Ekonomi dengan SDM yang Unggul”. Reformasi Ekonomi dilakukan melalui diversifikasi ekonomi baik secara horizontal dan vertikal. SDM yang unggul dilakukan melalui penanganan pengelolaan pendidikan dan kesehatan SDM, terutama akibat Pandemi Covid19.

Musrenbang tersebut dibuka oleh Setda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan beberapa arahan yang harus dipertimbangkan  untuk pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022.

Hadir juga anggota DPR RI Dapil NTB, Suryadi Jaya Purnama, ST sebagai salah satu narasumber. Dalam paparannya, beliau menyampaikan tentang program yang saat ini akan dikembangkan, yaitu desa industri. Menurutnya, NTB perlu menggunakan strategi-strategi sektoral untuh meraih dukungan pusat. Selain karena industrialisasi produk unggulan berbasis desa adalah salah satu langkah kongkrit untuk upaya  percepatan perekonomian di NTB.

Sebagai penutup, Kepala BAPPEDA NTB, Dr. Ir. Amry Rakhman, M. Si selaku pengampu kegiatan mengajak seluruh pihak untuk bersinergi, berkoordinasi, dan berkolaborasi. Dan di momentum musrenbang inilah waktu yang tepat.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas