22 April 2024

Roadshow Industrialisasi: Sinergitas Untuk Percepatan Industrialisasi Nusa Tenggara Barat

Industrialisasi merupakan proses modernisasi ekonomi yang mencakup seluruh sektor ekonomi yang mempunyai kaitan satu sama lain dengan industri pengolahan sehingga industrialisasi menjadi salah satu sektor yang memiliki kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Diskoperindag Kabupaten Sumbawa Barat menyelenggarakan Roadshow Industrialisasi dengan tema “Sinergitas Untuk Percepatan Industrialisasi NTB” yang diselenggarakan di Sentra IKM Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat (Sabtu, 16/12/2023).

Kegiatan diawali dengan laporan Kadis Perindustrian Provinsi NTB Ibu Nuryanti, SE.,ME selaku penyelenggara acara yang pada kesempatan ini tentunya menyampaikan rasa terimakasih kepada Pj.Gubernur Provinsi NTB, para tamu undangan dan seluruh stakeholder pendukung yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Kabupaten Sumbawa Barat merupakan kabupaten yang progresif dalam hilir industrialisasi di NTB dengan salah satu komoditi unggulan NTB yaitu Tepung mokaf, sehingga Kabupaten Sumbawa Barat diharapkan bisa menjadi sentra mokaf yang mampu meningkatkan perekonomian Daerah Provinsi khusunya yang ada di KSB” Ungkap Nuryanti (16/12).

Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi maka program-program yang sudah dicanangkan tentu akan berjalan dengan baik pula, Tutupnya.

Selain laporan dari Kadis Perindustrian Provinsi NTB, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah KSB Bapak H. Amar Nurmansyah, ST.,M.SI juga memberikan sambutan.

“Kegiatan Roadshow Industrialisasi kali ini menyambut baik dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan khususnya Pj.Gubernur NTB. Kabupaten Sumbawa Barat merupakan pengungkit Industrialisasi di NTB karena sebagai hilirisasi dan adanya Kawasan Industri maluk serta Industri Industri besar pertambangan yang ada di KSB” Sambut Amar (16/12)

Menurutnya, meskipun pengambil kebijakan adalah pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, tetapi tanpa inisiasi dari pemerintah kabupaten maka program tidak akan bisa berjalan dengan semestinya, sehingga peran pemerintah yang ada di kabupaten tentu tidak kalah pentingnya dalam upaya peningkatan perekonomian daerah maupun nasional.

Diakhir sambutannya, secara khusus ia juga meminta kepada PT.AMMAN yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk melibatkan industri industri kecil menengah sebagai pendukung dalam segala kebutuhan berjalannya perusahaan, seperti pembuatan seragam kantor yang melibatkan penenun ataupu penjahit yang ada di KSB dan lain seabagainya, sebab perusahaan perusahaan besar seperti ini menjadi pasar bagi pelaku usaha kecil menengah.
Dengan terbentuknya kolaborasi seperti ini, maka tujuan tujuan yang ingin dicapai dalam peningkatan ekonomi daerah dapat sama sama kita realisasikan.

PJ Gubernur Provinsi NTB, Bapak Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Roadshow Industrialisasi, yang pada kesempatan ini banyak menyinggung tentang Kawasan Industri yang ada di Kab.
“Sumbawa Barat serta upaya pemulihan ekonomi pasca gempa dan pandemi covid-19 yang banyak mempengaruhi segala sektor tak terkecuali sektor industri. Namun kendati demikian, melihat semangat yang tinggi serta industri kawasan ekonomi yang berstatus bisa berjalan dengan efektif maka prediksi tahun keemasan ekonomi NTB 2025 bukan sebuah mimpi belaka” Ujar Pak Pj Gub (16/12).

Kegiatan Roadshow industrialisasi ini dirangkai dengan kegiatan Talkshow bersama dengan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perindustrian Provinsi NTB Dr. Aryanti Dwiyani, M.Pd, Pelaku usaha IKM Mocaf Ibu Fitriyani, SE dan perwakilan dari PT. AMNT Bapak Dimas Purnama.

Talkshow ini membahas tentang peran-peran Dinas Perindustrian dalam peningkantan industrialisasi di provinsi NTB, dan sebagai motivasi dalam dunia entrepreneur Ibu Fitriyani membagikan pengalamannya terutama dalam bidang usaha tepung Mocaf. Tidak lupa Pihak AMNT juga memaparkan tentang peran perusahaan dalam membantu para pelaku usaha di Kab. Sumbawa Barat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan industrialisasi di Kab. Sumbawa Barat dapat meningkat juga kolaborasi antar stakeholder dapat berjalan demi kemajuan industrialisasi di Provinsi NTB khususnya di Kab. Sumbawa Barat.