18 April 2021

Sarang Walet, Potensi Terpendam IKM NTB

Sarang burung Walet (Collocalia Vestita) sudah lama populer dan menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan yang digeluti masyarakat NTB. Sayangnya, sarang walet masih dijual dalam bentuk mentah. Belum ada inovasi dalam bentuk olahan dari produk sarang walet untuk diseriusi menjadi sebuah unit usaha yang menjanjikan.

Peluang baik tersebut disambut oleh IKM Amar Sasambo. Mengolah sarang walet menjadi kopi, bubur, dan jus sarang walet merupakan inovasi dari pria ramah ini. Inisiasinya untuk mengajukan proposal ke Disperin NTB dalam bentuk mesin pembersih sarang walet bergayung sambut dengan kedatangan Kepala Disperin NTB, Nuryanti, SE., ME didampingi oleh Kepala Bidang Ilmate, Dra. Hj. Ely Suryani, M. Pd dan tim Disperin NTB, Selasa, 16/02/2021.

Kunker Kepala Disperin NTB ini untuk meninjau langsung proses olahan yang diinisiasi IKM Amar Sasambo. Berbagai rekomendasi diberikan oleh Tim Disperin NTB khususnya untuk pengembangan olahan pangan dari sarang walet NTB ini ke depan. Agar bantuan mesin yang diberikan dapat memberikan nilai tambah secara optimal.

Sarang burung walet menjadi olahan pangan yang lezat, dan menjadi bahan kosmetik. Ide brilian yang tentunya akan menjadi peluang baru dari kawan-kawan IKM NTB dalam pengembangan usaha di NTB. Semoga bisa berlanjut dan semakin sukses untuk dikembangkan. Menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas