22 April 2024

Dalam menciptakan kualitas SDM, Disperin Sambut Kunjungan PT. Block Solution Lombok

Tim Bidang Kerjasama, Pengawasan dan Promosi investasi Industri menerima Kunjungan Perwakilan dari PT. Block Solution Lombok bertempat di Ruang Kepala Bidang.
Dalam pertemuan tersebut membahas antara lain :
Dinas Perindustrian berencana untuk menjalin kerja sama dengan PT. Block Solution Lombok dalam rangka pengelolaan usaha industri Eco Block dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Melalui langkah ini, diharapkan dapat terwujud pengembangan industri yang berkelanjutan, ramah lingkungan, serta memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

PT. Block Solution Lombok juga memiliki beberapa program terkait Zero Waste di Provinsi NTB untuk pembuatan biji plastik yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Eco Block. Program ini akan melibatkan Bank Sampah yang sudah ada di Provinsi NTB. Dalam rencana ini, tim dari Dinas Perindustrian akan berkunjung ke pabrik Eco Block untuk melihat secara langsung proses pembuatannya.

Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah adanya mesin pencacah plastik yang dapat menghasilkan biji plastik sebagai bahan dasar pembuatan Eco Block yang akan disuplai kepada PT. Block Solution Lombok. Hal ini menjadi kunci dalam pengembangan program pengelolaan sampah yang dapat dilakukan bersama-sama dengan memanfaatkan limbah plastik dan mengurangi dampak negatif lingkungan.

Dalam program kerja sama ini, PT. Block Solution Lombok dan Dinas Perindustrian berharap dapat menciptakan produk ramah lingkungan yang juga efektif, meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat setempat. Diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kesadaran lingkungan bagi masyarakat dan dapat mengurangi dampak buruk yang dihasilkan oleh limbah plastik, menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik, serta menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat setempat.

Perjanjian kerja sama antara dinas perindustrian dengan PT. Block Solution Lombok yang terkait Pengelolaan Usaha Industri Eco Block, Teknologi, dan Peningkatan Kualitas Sumberdaya manusia disertai dengan beberapa hal penting yang perlu dibahas.

Selain pengelolaan limbah plastik, PT. Block Solution Lombok juga menyampaikan beberapa program terkait Zero Waste di Provinsi NTB, dimana biji plastik yang dihasilkannya akan digunakan untuk pembuatan Eco Block. Bank Sampah yang sudah ada di Provinsi NTB juga perlu dilibatkan dalam program tersebut, agar lebih melibatkan masyarakat dan menciptakan dampak yang lebih terlihat secara langsung di wilayah tersebut.

Untuk mendukung program ini, rencananya tim dari Dinas Perindustrian akan berkunjung ke pabrik Eco Block untuk melihat proses pembuatan secara langsung. Diperlukan adanya mesin pencacah plastik yang mampu menghasilkan biji plastik sebagai bahan dasar pembuatan Eco Block yang akan disuplai kepada PT. Block Solution Lombok. Hal ini menjadi kunci dalam pengembangan program pengelolaan sampah yang efektif dan ramah lingkungan, serta mengurangi dampak negatif limbah plastik.

Selain hal-hal di atas, perlu dibahas juga terkait perijinan usaha dan sertifikat standar yang perlu dimiliki sebagai legalitasnya. Hal tersebut dapat diajukan melalui OSS dengan melengkapi/Upload Izin Kesesuaian Ruang (KPPR), Izin Lingkungan, PBG, SLF, dan Pertek dari Perindustrian.

Dalam rangka kerja sama ini, diharapkan PT. Block Solution Lombok dapat memperoleh izin usaha yang diatur secara baik dan legal sesuai dengan peraturan yang ada serta menjaga standar kualitas produk Eco Block. Di samping itu, diharapkan pula dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah NTB yang dapat berkontribusi dalam pengelolaan usaha industri Eco Block secara berkelanjutan. Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan produk ramah lingkungan yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat setempat serta menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat NTB.