21 Februari 2024

Disperin NTB Sambut Hangat Kunjungan Kerja Disperindag Kabupaten Simalungun

Kunjungan Kerja / Studi Banding Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dalam rangka peningkatan pengelolaan kelembagaan dan bisnis proses Rumah Kemasan. Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Sekretaris Dinas Perindustrian NTB bersama Kepala Balai Kemasan Produk Daerah, beserta jajaran menyambut hangat kunjungan yang bertempat di Galeri Industri, Dinas Perindustrian Provinsi NTB pada Rabu, 6 Desember 2023.

Kunjungan dilanjutkan ke UPTD Balai Kemasan Produk Daerah (UPTD BKPD). Di Balai Kemasan, Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Simalungun Rio Rikardo Saragih, Pengurus barang/aset Wagianto, dan Staff Karmedi Saragih diajak berkeliling melihat aktifitas yang sehari-hari dilakukan di UPTD BKPD serta memperkenalkan layanan-layanan yang terdapat di UPTD BKPD. Salah satu layanan yang menjadi unggulan yaitu Rumah Pengemasan Steril yang bertujuan membantu IKM dalam pengemasan dan penyimpanan produk untuk waktu yang lama. Selanjutnya Tim juga melihat-lihat rumah pengemasan sachet dan rumah produksi kemasan. Adapun layanan yang terdapat di UPTD BKPD yaitu pembuatan kotak, kardus, cetak digital stiker, desain kemasan dan sablon kemasan.

Mendampingi agenda kunjungan ini, tim Balai Kemasan menuju IKM sekitar Mataram yang merupakan binaan Dinas Perindustrian yaitu Sate Rembige Goyang Lidah dan Ayam Taliwang Beca Bero. Di Sate Rembige Goyang Lidah, Tim melihat rumah produksi kemasan steril dan proses sterilisasi mulai dari penyimpanan bahan baku. H. Musleh selaku owner menjelaskan beberapa olahan produknya yang sudah dikemas steril tidak hanya Sate Rembige namun juga ada Ayam Taliwang dan Ayam Pelcingan. Begitu pula di Ayam Taliwang Beca Bero yang varian produknya sangat beragam mulai dari Ayam Taliwang original, Ayam Taliwang bakar madu, olahan sambal dengan kemasan plastik Vacuum hingga kaleng.