21 Februari 2024

Dukung Pengembangan Pertanian di UPLAND, Disperin NTB Dorong Koperasi Desa sebagai Solusi Ketersediaan Bahan Baku Industri

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME. menjadi Narasumber “Penyusunan Rencana Kerja Pemasaran” dalam Pelatihan Management Pengelolaan Korporasi Petani Kegiatan The Development of Integrated Farming System in Upland Area (UPLAND) pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, bertempat di Hotel Lombok Raya pada Selasa, 5 Desember 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur dan dihadiri oleh petani dari dataran tinggi (Sembalun dan sekitarnya) yang berfokus pada produksi komoditas bawang putih.

Kendala bahan baku yang dialami oleh sektor industri adalah jaminan kualitas, kuantitas dan kontinuitas bahan baku yang tidak stabil di NTB, sehingga diperlukan strategi pengaturan hulu hingga hilir produk pertanian untuk menjaga kestabilan ketersediaan bahan baku produksi industri pengolahan tetap stabil. Koperasi tingkat desa di petani Koperasi bisa mengambil bagian untuk menjadi lumbung penyimpanan dan pengumpulan bahan baku industri.

“Petani silahkan tanam, koperasi mengatur masa tanam, kami siap hubungkan dengan para IKM sebagai pengguna produk” Nuryanti (5/12).

Dinas Perindustrian provinsi NTB memiliki 3 sektor industri unggulan yang sedang dikembangkan, diantaranya adalah kuliner legend yakni Ayam Rarang, Ayam Taliwang, Sate Rembige dan masih banyak lainnya. Melalui memontum ini kadis berharap mampu menghubungkan para pertani untuk mengambil andil sebagai suplier bahan baku produksi pengolahan makanan sehingga dapat menjamin kestabilan harga pasar dan memutus mata rantai pasok yang panjang dan jauh dari kepastian kestabilan harga komoditas pertanian.