5 Maret 2021

Menuju IKM Naik Kelas, Disperin Diskusi Bersama IKM dan Perbankan

Dalam mendorong peran dan fungsi IKM NTB menuju IKM naik kelas, Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengadakan pertemuan dengan dua IKM NTB yang telah memiliki track record bagus dalam pengembangan usahanya pada Selasa, 090221. Kedua IKM tersebut bergerak di dua sektor yang berbeda. IKM yang satu bergerak di bidang kosmetik herbal dan  telah menembus pasar eksport untuk kosmetik. Pengurusan izin BPPOM telah didapatkan sehingga layak untuk beredar di pasaran.

Dalam pertemuan tersebut, hadir juga Kepala Kantor Cabang Unit BCA Cakranegara, Mataram. KCU Bank BCA menyampaikan bahwa BCA berkomitmen untuk membantu IKM naik level ke nasional.

Menginisiasi hal tersebut, Kepala Disperin NTB, Nuryanti, SE., ME memberikan kesempatan kepada IKM kosmetik tersebut untuk menjadi mitra inkubasi STIPark NTB 2021 dalam rangka pengembangan usahanya. Diharapkan dari kerjasama ini akan terbangun mekanisme pengolahan kosmetik herbal yang lebih komprehensif dalam mendorong penggunaan bahan-bahan herbal di NTB.

Sementara itu, salah satu IKM olahan jagung yang juga hadir dalam pertemuan tersebut pun mengajukan permohonan untuk peningkatan skala produksi dengan menggunakan mesin-mesin kemasan olahan jagung yang ada di Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB. Permohonan tersebut diatensi dengan sangat baik oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB dengan tujuan agar mendorong produksi olahan jagung yang dihasilkan yang akan mendorong peningkatan nilai tambah dari komoditas jagung NTB ke depan.

Iniasiasi kerjasama dengan kedua IKM ini dan perbankan adalah strategi yang dirancang oleh Disperin NTB untuk mendorong peningkatan skala produksi IKM NTB yang memang berpotensi untuk tumbuh dan telah memiliki pasar yang jelas. Kesempatan untuk menggunakan fasilitas negara yang dikelola oleh OPD Disperin NTB tersebut dirancang sebagai pembuka jalan untuk IKM NTB lainnya membangun kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam pengembangannya. Menuju NTB Gemilang.

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas