21 Februari 2024

Jumat Salam Kota Bima Disambut Hangat Oleh Masyarkat Ntobo

Kegiatan Jum’at salam di Kelurahan Ntobo yang dikomandoi oleh Dinas Perindustrian provinsi NTB tersebut diawali dengan dialog bersama masyarakat di aula kelurahan Ntobo dengan dihadiri oleh Camat Raba, Lurah Ntobo dan jajaran serta masyarakat kelurahan Ntobo. Selain itu masyarakat yang hadir juga cukup antusias karena hadirnya PJ Gubernur NTB dan Walikota Bima adalah moment yang jarang dirasakan oleh masyarakat.

PJ Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi, M.Si didampingi PJ Walikota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT dan Kepala Dinas Perindustrian provinsi NTB Nuryanti SE.,ME dan tim melaksanakan Jum’at Salam di Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima, Sabtu 2/12/2023.

Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Ntobo Agussalim sebagai perwakilan masyarakat menyampaikan beberapa hal terkait dengan jumpai masyarakat, selesaikan berbagai macam persoalan.

“Ntobo adalah kelurahan yang dikenal dengan kelurahan tenun, hampir 95 persen masyarakat Ntobo memproduksi tenun” Ungkap Agus (2/12).

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa kelurahan Ntobo adalah kelurahan yang berbasis pangan khususnya pertanian “kami sangat berharap ada perairan atau waduk karena di kelurahan Ntobo ini biasanya 3 kali panen, di kelurahan Ntobo sebenarnya sudah ada waduk tetapi tidak bisa difungsikan, harapannya kedepan bisa difungsikan untuk menopang pertanian di kelurahan Ntobo” Lanjut Agus.

Dalam kesempatan yang sama Ir. H. Mohammad Rum, MT selaku Pj Walikota Bima menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat kelurahan Ntobo yang sudah berhasil menjadikan daerahnya sebagai sentra tenun di Kota Bima, kedua beliau menanggapi terkait dum atau waduk yang ada di kelurahan Ntobo. Sebelumnya juga beliau menuturkan bahwa sudah berkomunikasi dengan kasubdit perairan untuk melakukan survei agar bisa diselesaikan tahun 2024. Tentu ini adalah informasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Ntobo.

Pj Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi, M.Si dalam acara tersebut juga mengatakan “ada dua hal penting yang disampaikan oleh ketua LPM sudah diaminkan oleh Pj Walikota Bima sekaligus Kadis PUPR NTB, ibaratnya lo jual gue beli karena selain sebagai Pj Walikota Bima,beliau juga Kadis PUPR NTB bawahan saya di Pemprov” Ujar Miq Gite (2/12).

Selanjutnya terkait tenun, beliau menyampaikan bahwa “Kepala Dinas Perindustrian yang hadir tepat sekali, sering mengurus tenun di Lombok, jangan sampai mengurus tenun Sukarara saja, nanti tidak dikasih pulang sama masyarakat Ntobo” tadasnya.

Setelah melakukan kegiatan dialog, menyerap persoalan dan permasalahan yang ada di masyarakat, Kepala Dinas Perindustrian provinsi NTB Nuryanti ME. mengajak Pj Gubernur NTB dan Walikota Bima meninjau langsung kegiatan penenun yang ada di kelurahan Ntobo. UKM Dina salah satu tujuan kunjungan dari rombongan jum’at salam menyediakan berbagai macam hasil karya masyarakat kelurahan Ntobo dan menjadi sentra tenun di kelurahan tersebut.

Semoga dengan adanya kegiatan jum’at salam yang dilaksanakan di kota Bima khusus di kelurahan Ntobo menjadikan NTB terus maju dan melaju.