23 Juli 2024

Disperin Dukung Penuh Cetusan layanan aduan NTB Care – SP4N Lapor

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Koordinator PPID Disperin NTB Ahmad Ijtihad, M.M.Inov menghadiri Rapat koordinasi persiapan migrasi layanan aduan NTB Care – SP4N Lapor yang diselenggarakan oleh Diskominfotik NTB, Kamis, 30/11/2023 Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubenur NTB.

Layanan aduan masyarakat atau NTB Care adalah mekanisme yang disediakan oleh pemerintah, untuk memungkinkan masyarakat umum mengajukan keluhan atau menyampaikan masalah terkait pelayanan atau situasi tertentu yang mempengaruhi mereka secara langsung. Layanan ini bertujuan untuk memberikan saluran komunikasi yang terbuka antara masyarakat dan pihak yang terkait sehingga masalah tersebut dapat diidentifikasi, diinvestigasi, dan diselesaikan oleh masing-masing OPD maupun kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kominfotik NTB menyampaikan layanan aduan masyarakat biasanya memiliki prosedur tertentu yang harus diikuti oleh pengadu untuk mengajukan keluhan atau masalah yang mereka hadapi. Setelah itu, lembaga yang bersangkutan akan meninjau aduan tersebut dan berusaha menemukan solusi yang memuaskan untuk semua pihak yang terlibat, tentu ini butuh kerja sama seluruh OPD NTB.

Tujuan utama dari layanan aduan masyarakat adalah meningkatkan kualitas layanan atau kebijakan yang disediakan kepada masyarakat, serta membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih baik antara pihak penyedia layanan dan masyarakat pengguna layanan tersebut.