21 Februari 2024

Disperin NTB Dukung Penuh Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacum Olahan Pangan IKM

Dalam Rangka Pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Mataram menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacuum Olahan Pangan pada 27 s.d 30 November 2023 di Hotel Puri Indah dan di Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Kegiatan ini merupakan angkatan terakhir dari 3 (tiga) angkatan yang telah terlaksana.

Mewakili Balai Kemasan, Tim Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Prov. NTB, Kasi Diklat dan Promosi, Heldy Sardianto, ST, Kassubag Tata Usaha Indah Wulandari, SH didampingi operator Kasim dan Dahlia menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacum Olahan Pangan yang melibatkan 21 orang peserta dari IKM se-Kota Mataram.

Kegiatan hari pertama dilaksanakan di Lantai 3 Puri Indah, tim memaparkan materi terkait kemasan, fungsi kemasan, jenis-jenis kemasan, desain kemasan, alat dan mesin yang digunakan dalam membuat kemasan serta tata Layanan di Balai Kemasan.

Pada hari kedua peserta pelatihan di ajarkan praktik langsung mengenai produk yang dihasilkan peserta disesuaikan dengan alat/bahan kemasan yang tepat untuk di gunakan dalam mengemas. Peserta juga praktik sterilisasi menggunakan alat sederhana seperti Vacuum Sealer dan panci presto. Peserta membawa produknya masing-masing untuk dikemas steril di Balai Kemasan.

Pelatihan di hari ketiga, peserta praktik langsung di ruang kemasan steril Balai Kemasan dengan SOP yang berlaku.
Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan bahkan beberapa peserta langsung merencanakan untuk melakukan kemasan steril dengan produk olahan ayam dan daging di Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Prov. NTB.