21 Februari 2024

Forum Data Diseminasi NTB Satu Data 2023: Evaluasi dan Pencapaian Sejauh Tahun Ini

29 November 2023, Perwakilan dari Kepala Dinas Perindustrian NTB, Tim Data, menghadiri Rapat Forum Data Diseminasi NTB Satu Data tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Diskominfotik NTB. Acara ini berlangsung di Hotel Santika Mataram Lombok yang beralamat di Jl. Pejanggik No.32, Mataram Bar., Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Rapat ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan NTB Satu Data sepanjang tahun 2023, merencanakan kegiatan pada tahun berikutnya, serta mengevaluasi penyelenggaraan NTB Satu Data dari perspektif pembinaan data dan sekretariat NTB Satu Data.

Acara dibuka oleh Kepala Diskominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamudin Amy, S.Sos,.MM, yang menjelaskan beberapa pencapaian NTB Satu Data tahun 2023, antara lain:

  1. Peringkat Top 10 Nasional pada hasil penilaian SDI.
  2. Penerimaan penuh pada Innovative Government Awards 2023.
  3. Partisipasi sebagai inovasi Pemerintah Provinsi NTB dalam Open Government Partnership (OGP).
  4. Pembentukan tim penilai internal EPSS secara resmi.

Dr. Najamudin Amy juga mengungkapkan bahwa pada tanggal 29 November 2023, sebanyak 42,27% data sektoral telah terkumpul. Sebagian besar data sektoral merupakan data tahunan yang baru bisa dikumpulkan pada awal tahun 2024. Progres pengumpulan data sektoral menunjukkan peningkatan dari bulan ke bulan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada OPD di lingkup Pemprov NTB yang telah aktif berpartisipasi dalam menghasilkan data. Dr. Najamudin Amy berharap finalisasi NTB Satu Data oleh setiap OPD dapat diselesaikan pada akhir Desember 2023.

Pemateri kedua, Indah Fitriana, S.ST dari Badan Pusat Statistik NTB, memberikan ulasan terhadap NTB Satu Data. Ia menyampaikan standar data yang disajikan dalam portal NTB Satu Data. Standar Data ini ditetapkan oleh pembina data tingkat pusat dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi sesuai dengan tugas dan fungsinya yang ditetapkan oleh menteri atau kepala instansi pusat. Indah Fitriana juga menggarisbawahi pentingnya setiap OPD untuk mengajukan metadata dan rekomendasi statistik untuk setiap kegiatan pengumpulan data yang dilakukan oleh masing-masing OPD.