18 April 2021

Aisyah Odist berkunjung Ke Kantor Dinas Perindustrian NTB, Pamerkan Kain Tenun Dari Serat Nanas

Siapa yang tidak kenal Aisyah Odist. Penggiat lingkungan, pembina Bank Sambah NTB Mandiri ini memang tidak pernah kehabisan ide kreatif. Setelah menginisiasi Gerakan Pilah Dan Olah Sampah Dari Rumah, kali ini, Aisyah Odist bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Memperkenalkan produk barunya, kain tenun dari serat nanas dengan brand Pinalo, Senin, 01 Februari 2021.

Dalam silaturahmi tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB menyampaikan apresiasi dan atensi tinggi kepada Aisyah Odist, yang dengan kreatifitasnya berhasil mengolah serat daun nanas menjadi kain tenun sebagai bahan konveksi.

Pengolahan serat daun nanas menjadi kain tenun dengan brand Pinalo tersebut melibatkan kawan-kawan penenun yang umumnya perempuan dari Desa Sukarara – Kab. Lotim. Hal ini jelas merupakan angin segar bagi NTB yang saat ini sedang memusatkan konsentrasi dalam pengembangan industri busana muslim. Kain tenun dari serat nanas bisa menjadi alternatif bagi bahan baku konveksi busana muslim NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Aisyah Odist selaku inisiator pengolahan serat daun nanas menjadi kain tenun tersebut menyampaikan harapan agar dukungan dari Dinas Perindustrian Provinsi NTB terus dibangun. Khususnya dalam mendorong para penenun untuk semakin mengintensifkan penggunaan benang dari serat daun nanas.  Selain itu, Aisyah Odist menyampaikan agar dapat difasilitasi terkait seluruh legalitas dan perizinan serta Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) terkait kain tenun dari serat daun nanas yang sedang dinisiasinya saat ini.

Aisyah Odist dengan tenun dari serat nanasnya merupakan salah satu bentuk ekosistem industrialisasi yang saat ini sedang dibangun di NTB. Mengolah limbah daun nanas menjadi produk yang multiguna, memberdayakan perempuan NTB untuk lebih berkarya dan mendukung pengembangan NTB sebagai sentra busana muslim dengan menyajikan bahan baku alternatif. Semuanya berkolaborasi menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas