21 Februari 2024

Pelatihan Instruktur Pembuatan Gula Cair: Kolaborasi Membangun Potensi Ekonomi Desa Kekait

Rabu 29 November 2023 Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti SE,. ME. Membuka Pelatihan Instruktur Pembuatan Gula Cair dan Penerapan Manajemen Pemasaran Bagi Pelaku Usaha yang fiadKan oleh NH Manajemen yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian NTB dan pemerintah Desa Kekait diadakan di Aula kantor desa Kekait Lombok Barat.

Acara yang dihadiri oleh anggota NH Manajemen sekaligus sebagai peserta pelatih hari ini akan menerima materi tentang kemasan steril dan standarisasi kemasan dari UPTD Balai kemasan produk daerah NTB, Business model canvas (BMC), ruang lingkup perizinan usaha dan Digital Marketing dari Dinas Perindustrian NTB, dan praktek langsung pembuatan gula cair.

Acara tersebut di buka langsung oleh kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti SE., ME. beliau menyampaikan bahwa insyaallah ini adalah silaturahmi awal bersama Kepala Desa Kekait, dan kedepannya semoga kegiatan-kegiatan pendampingan ini bersama NH menejemen, pemerintah Desa Kekait dan Dinas Perindustrian terus bisa kita lakukan bersama “. Beliau melanjutkan ” dengan ucapan Bismillah acara pelatihan instruktur pembuatan gula cair dan penerapan manajemen pemasaran bagi pelaku usaha dinyatakan dibuka.

Kepala Desa Kekait Masjudin dahlan ST dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terimakasih nya atas perhatian langsung dari Dinas Perindustrian NTB yang telah siap sedia menyediakan instruktur kegiatan dari pelatihan yang dilakukan hari ini. Kepala Desa yang baru terpilih ini juga menyampaikan potensi Desa Kekait dengan berbagai macam hasil alamnya yang perlu disentuh industrialisasi.

Beliau mengungkapkan bahwa “hasil perkebunan yang terdiri dari berbagai macam jenis terutama air nira dan durian yang begitu melimpah saat ini sudah mempunyai pasar tersendiri, tetapi dengan adanya barang serupa yang ada dari luar seperti durian yang hari ini banyak di impor dari luar daerah membuat harga tidak stabil”. Beliau melanjutkan ” Untuk itu penting kita melakukan pengolahan seperti yang kita lakukan hari ini agar ekonomi masyarakat tetap hidup “.

Direktur NH Manajemen Nurul Huda ME juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Dinas Perindustrian dan berharap kegiatan pendamping tidak berhenti sampai di sini, NH menejemen tersendiri mempunyai 25 UMKM yang ada di Desa Kekait dan kegiatan hari ini akan melatih 20 orang untuk pembuatan gula aren cari beserta pendamping kemasan, pembuatan BMC, perizinan sampai bagaimana memasarkan kedepannya.

Pelatihan pembuatan gula aren cair tersendiri di instrukturi oleh anggota NH menejemen Awaludin. Beliau tersendiri sudah mempunyai produk Gula aren cair yang sudah mempunyai legalitas resmi untuk melakukan kegiatan industri dan pemasaran.