21 Februari 2024

KEREN ! DISPERIN GANDENG LPPM UNRAM GARAP DESANOMIC SEBAGAI SINERGITAS MENGEMBANGKAN PARA PENGUSAHA MUDA

Selasa, 28 November 2023 bertempat di ruang rapat LPPM Unram, telah dilaksanakan workshop Start-up dengan tema “ Start-Up To Build Your Business” oleh Inkubator Business dan Inovasi (Kubinov) LPPM Universitas Mataram dengan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Nuryanti SE.,ME sebagai pemateri dengan pembahasan perizinan usaha.

Workshop tersebut diikuti oleh tenant Kubinov yang merupakan mahasiswa dan alumni dari Universitas Mataram dengan berbagai usaha yang digeluti. Workshop hari ini sendiri merupakan agenda hari kedua setelah workshop hari pertama yang telah sukses terlaksana.

Dalam penyampaiannya, Kepala Dinas Perindustrian menyampaiakan materi terkait perizinan usaha secara rinci, mulai dari pentingnya setiap pengusaha memiliki izin, syarat syarat perizinan sampai akses apa saja yang dapat diakses oleh para peserta yang hadir. Disampaikan pula terkait komitmen Dinas Perindustrian dalam memfasilitasi para peserta untuk mengurus perizinan usaha dan pendaptaran merek secara gratis melalui layanan yang diberikan oleh bidang Sarana dan Prasarana dengan bimbingan langsung Dr. Aryanti Dwiyani, S.Pt, M.Pd dan tim .

Diskusi pasca penyampaian materi pun berlangsung dengan interaktif karna antusias peserta. Diantara mereka ada abdul aziz dengan aplikasi penghubung IKM dan influencer menyampaikan pertanyaan tentang proses perizinan usaha, Toni Hermawan dengan usaha jamu senamian menyampaikan pertanyaan tentang alur perizinan usaha dan pendampingan oleh Dinas Perindustriaan serta ada Agus dengan usaha jamur yang telah digeluti selama 6 tahun sebagai pembuka tercetusnya sebuah tujuan bersama antara semua pihak ( Pemerintah, Pihak akademisi, LPPM dan pengusaha) untuk mengagas konsep Desanomic dengan jamur sebagai komoditas utama yang akan dikembangkan.

“Kita siap dukung bersama, satu komoditas yang kita dorong bergerak maju akan menarik sektor-sektor lain. Contohnya usaha jamur ini, bisa dijadikan kuliner utama yang akan menarik komoditas lain seperti hasil pertanian . Pun juga jamur bisa dikembangkan menjadi obat dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari pihak akademisi. Ini adalah bentuk dari ikhtiar kita untuk membentuk sebuah ekosistem. Kita siap dukung bersama “. Ungkap Nuryanti sebagai penutup sesi penyampaian materi dalam Workshop Start-up Kubinov LPPM Unram.