21 Februari 2024

Temu Bisnis UMKM NTB dan Jawa Barat: Membangun Jaringan dan Kolaborasi Industri

Selasa 28 November 2023, Mewakili kadis perindustrian NTB Nuryanti, SE, ME. Kepala Bidang kerjasama pengawasan promosi dan investasi industri Arifin SH., MH didampingi oejabat fungsional pembina industri Bahrul Helmi, SH, MM. Inov menghadiri acara “Temu Bisnis dan Pengembangan Jaringan Antara UMKM Binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Pemprov Jawa Barat dengan Mitra terkait” di Gedung UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah – NTB Mall.

Kegiatan ini dihadiri oleh PJ Ketua Dekranasda NTB Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Jawa Barat Ir. Rahmat Taufik Garsadi M. Si dan rombongan, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, dan beberapa pelaku industri dan Mitra terkait lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi menyampaikan selamat datang kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dan Rombongan di Nusa Tenggara Barat dalam acara temu bisnis dan pengembangan jaringan UMKM binaan pemprov NTB dan JABAR. Beliau mengatakan “Semoga kedepan antara NTB dan Jawa Barat bisa terus saling mengirim produk-produk UMKM kedepannya dan dengan pertemuan ini pemerintah NTB harus belajar banyak kepada Jawa Barat”.

Beliau juga menyampaikan banyak hal tentang UMKM NTB yang tumbuh pesat setelah COVID-19 melanda dunia, dan NTB salah satu daerah yang menumbuhkan pelaku industri yang cukup signifikan di masa tersebut. Kepala Dinas Koperasi Kecil Pemprov JABAR dalam sambutannya juga menyampaikan hajat kedatangannya ke NTB dengan menggandeng beberapa Ponpes yang ada di Jabar yang sudah mempunyai produk melalui program OPOP (One pesantren one product) yang diluncurkan pada 2015 lalu.

Beliau menyampaikan bahwa “kita ingin menularkan faham santri yang mengembangkan bisnis dan Apa yang mungkin bisa kita kerjasamakan hari ini bisa berjalan baik kedepannya” Beliau melanjutkan dengan adanya sekitar 500 lebih pesantren yang menjadi binaan OPOP kami, lima pesantren yang ikut hari ini menjadi representasi dan perwakilan dari pesantren yang ada di JABAR”.

Selain membawa rombongan dari Pesantren yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil JABAR, produk yang dihasilkan dari Pesantren juga di tempatkan di NTB Mall yang ada di gedung putih samping Islamic Center tersebut. Diantara produk yang di tampilkan adalah sprei dan bed cover dari Ponpes Tharuqul Jannah, produk fashion muslim dari Ponpes Al hanif, Sepatu dari Ponpes progresif, kerajinan kulit kukadokau dari Ponpes Miftahul Huda dan ponpes Quran al istiqomah.

Selain itu kegiatan ini juga dirangkaikan dengan FGD antara Pemprov NTB dan JABAR yang berlangsung hangat di ruang rapat UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah – NTB Mall tersebut. Kepala Dinas Perdagangan NTB Bq Nelly Yuniarti dalam kesempatan tersebut menyampaikan banyak hal tentang NTB Mall yang menjadi salah satu program Pemprov NTB.

Terakhir dalam acara tersebut ditutup dengan berkeliling melihat produk industri yang ada di NTB Mall baik yang dihasilkan oleh tangan kreatif pelaku industri dari NTB maupun dari Jawa Barat