18 Mei 2021

Kemasan Harus Menarik, IKM diberi Pembinaan

Mataram- Program industrialisasi yang digencarkan oleh Pemerintah Provinsi NTB menjadikan menjamurnya IKM IKM baru dan mengembangkan IKM yang sudah lebih dahulu muncul. Kemajuan ini menimbulkan daya saing di daerah NTB sendiri, sehingga diperlukanlah trik pemasaran yang baik, salah satunya adalah menarik pembeli melalui desain kemasan sebuah produk IKM.

Pada hari ini, Selasa (26/01/21) tim PPID Dinas Perindustrian mengunjungi Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam kunjungan kali ini Tim PPID mengikuti produksi pembuatan kemasan milik salah satu IKM lokal.

Fungsi Balai Kemasan sebagai bagian dari pemerintahan yakni memfasilitasi IKM yang ingin melakukan konsultasi dan pengemasan produk. Terdapat pelayanan umum dan pelayanan bantuan kemasan. Pada tahun 2020 sudah terealisasi bantuan kemasan sebanyak 100 IKM. Untuk IKM yang ingin mencetak kemasan dengan mandiri melalui Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat tanpa minimal order.

Pelayanan yang ditawarkan oleh Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat diantaranya, desain kemasan, pembuatan stiker, konsultasi kemasan, Kartu Nama, Sablon, Kardus, serta cetak digital dan offset.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala UPT Balai Kemasan, Lalu Siswadi Handayani, SE., M.Pd, tugas Balai Kemasan adalah pembinaan seluruh UKM dalam melakukan pengemasan mandiri.

Selain itu, Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat juga bermitra dengan IKM di Desa Wisata, LSM, dan Komunitas Pemuda untuk melakukan pembinaan via online dan offline untuk mewujudkan IKM mandiri pengemasan.