21 Februari 2024

Audiensi Duta Besar Swedia terkait Groundbreaking Pembangunan PT.Eco Solution Lombok

Senin, 27 November 2023

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME. mendampingin Penjabat Gubernur provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si. Menerima Audiensi duta Besar Swedia terkait Groundbreaking pembangunan PT. Eco Solution Lombok yang akan dilaksanakan pada Selasa, 28 November 2023 mendatang.

Miq Gita selaku PJ Gub memberikan arahan kepada instansi terkait di lingkup pemprov NTB untuk mempercepat proses perizinan investasi untuk segera terwujudnya kerjasama dengan pemerintan Swedia untuk mendirikan pabrik panel (bahan bangunan) ramah lingkungan PT. ESL dengan bahan baku jerami. Untuk memproduksi panel jerami, perusahaan ini membutuhkan limbah jerami dari 10.000 Ha sawah yang akan bekerjasama dengan petani setempat. Langkah ini diambil untuk mengurangi kebiasaan petani melakukan pembakaran jerami setelah panen yang dapat meningkatkan polusi udara seketika. Pada langkah awal, penggunaan panel jerami sebagai bahan bangunan akan digunakan untuk membangun homestay sehingga akan terbentuk desa wisata zerowaste, di mana material ini mampu menyerap panas di dalam ruangan sehingga mampu menurunkan suhu udara lingkungan sekitar, tahan api dan gempa. Sehingga projek ini nantinya akan meningkatkan nilai ekonomi, sosial dan lingkungan.

Dalam arahannya, Miq Gite, percepatan perizinan perlu dilaksanakan segera untuk memberikan pengalaman investasi yang baik sehingga investor terbuka untuk berinvestasi di NTB.
“Percepatan perizinan dan lain lain harus disegerakan karena yang kita butuhkan experience (pengalaman) mengelola  investasi. Kalau nanti berjalan baik baru kita pertegas keuntungan daerah melalui perjanjian  perjanjian resmi”, ujar Miq Gite