23 Juli 2024

Bimbingan Teknis Industri Bambu Cerah: Inovasi dan Efisiensi Pengolahan Bambu di Desa Bentek

Jumat 24 November 2023 – Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME. Kepala Bidang PSDI L. Luthfi, ST., M.Si beserta rombongan berkunjung ke Desa Bentek Kabupaten Lombok Utara untuk melihat langsung Sentra industri Bambu Cerah sekaligus melaksanakan Bimbingan Teknis pengolahan kerajinan bambu yang di damping oleh ibu Cornelia Lina Meiliasari selaku instrukur pengrajin bambu yg ditunjuk oleh Kementerian Perindustrian RI.

Pembukaan acara dibuka langsung oleh kepala bidang PSDI dan memberikan kesempatan kepada Ibu Lina selaku pembimbing untuk memberikan arahan kepada peserta BIMTEK. Sebelumnya peserta sudah memiliki ilmu dasar dalam menganyam bambu namun Lina melihat bahwa perajin belum bisa mengolah kerajinannya secara efesien. Lina menyampaikan produksifitas pengrajin agar dibenahi dan dibentuk klaster-klaster yang memiliki peran spesifik. Misalnya ada bagian yg khusus mengolah anyaman, ada bagian penyiapan bahan baku, finishing dan seterusnya. Harapannya pengrajin bisa lebih terstruktur dan efesien dalam mengolah anyaman bambu yang dihasilkan.

Selain itu diharapkan pengrajin lebih inisiatif dalam mengolah produk, lebih kreatif, dan inovasi sehingga ada yg menjadi pembeda dari produk produk lain. Seperti yang kita ketahui industri yang mengolah bambu ini sangat banyak contohnya di Lombok timur yang mengolah bambu menjadi tas. Sehingga Pengrajin disini diharapkan memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dari produk produk daerah lainnya. tujuannya agar value atau nilai jualnya bisa lebih meningkat

Luthfi menyampaikan Pulau Lombok menjadi salah satu objek wisata manca negara, Lombok memiliki event event besar seperti MotoGP Motocross, kita memiliki rinjani yang menjadi salah satu gunung yang di minati wisatawan lokal, nasional maupun internasional dan masih banyak lagi destinasi wisata yang di miliki, namun destinasi wisata yang menonjol jika tidak di perkenalkan bahasa, budaya, produk lokal yang dimiliki akan sangat rugi rasanya. Sehingga dengan diadakannya bimtek ini para pengrajin bisa lebih kreatif, inovatif, agar kualitas produk yang dihasilkan meningkat dan modern tanpa menghilangkan ciri khas dari KLU itu sendiri. Luthfi juga menghimbau agar pengrajin bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh Ibu Lina dan diterapkan pada berbagai kerajinan bambu yang dihasilkan.

Kelompok IKM Sentra Bambu Cerah ini merupakan kategori OVOP bintang 2 sesuai dengan Surat keputusan Bupati Lombok Utara No. 277/21/DISKOPERINDAG/21 tentang penetapan Sentra Industri Se-Kabupaten Lombok Utara tahun 2021 dalam rangka memberikan kepastian hukum bagi para industri kecil (IKM), maka perlu menetapkan sentra industri Kabupaten Lombok Utara tahun 2021

Sebelum memulai pelatihan pengolahan bambu, Lina mengajarkan kerajinan dari bambu yg lebih modern dengan dibantu pewarna alam dengan bahan sintetis, seperti dari bahan buah buahan, daun dan lain lain, selain itu lina menjelaskan teori dalam pengawetan bambu yang baik dengan menggunakan bahan bahan alami yang ada di sekitar tempat tinggal perajin.