23 Juli 2024

Bukan Sekedar Ilusi! Kenari Fashion street Jadi Berkah untuk Semua

Sabtu ,18 November 2023 bertempat di Area Lapangan Bumi Gora menuju Lapangan Sangkareang, Acara Pembukaan dan Inti Kenari Fashion Street Sukses terlaksana. Rangkaian Acara Kenari Fashion Street yang disingkat KFS 1 merupakan agenda yang telah lama dipersiapkan dengan mandat Dinas Perindustrian sebagai pelaksana acara. KFS 1 ini diikuti oleh OPD Provinsi,OPD Kota Mataram, Instansi Vertikal, Instansi Perbankan , serta Organisasi Kemasyarakatan. Dengan beragam acara mulai dari Fashion Show, Fashion Street , Music ,Pasar murah dan Bazar UMKM. Acara ini juga menjadi kick of dari peringatan HUT ke – 65 Provinsi NTB yang tanggap tepatnya 17 Desember 2023 mendatang.

Adapun nama Kenari Fashion Street hadir dari melihat lokasi pelaksanaan berada dibawah teduhnya jejeran Pohon kenari yang berjejer rapi sepanjang jalan Taman Sangkareang Sampai dengan Kantor Gubernur NTB . Untuk tema busana yang digunakan, panitia pelaksana menggagas konsep Perpaduan Batik, Tenun dan sarung yang menjadi warisan kekayaan Budaya Nusa Tenggara Barat.

Pada Acara Pembukaan ,PJ Gubernur Miq Gita sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Kenari Fashion Street ini sebagai berkah untuk kita semua, Berkah untuk NTB .Hal ini tentu dapat dilihat dari kemeriahan acara yang terbalut dalam aneka ragam busana yang digunakan peserta yang mampu menciptakan suasana budaya yang kaya dan syarat akan makna. Tidak dapat dipungkiri , hadirnya beragam pakaian indah hari ini mencerminkan meningkatnya produksi tenun, batik dan sarung dari beragam IKM yang ada di NTB. Kabarnya produksi dan penjualan untuk kain tenun pun meningkat . Tidak hanya untuk IKM Fashion, dengan adanya acara yang banyak dikunjungi masyarakat ini mampu menggerakkan beragam IKM yang difasilitasi Stand jualan di Lapangan Sangkareang.

Hal ini tentu menjadi angin segar untuk harapan kedepannya disetiap acara seremonial,busana yang akan digunakan masyarakat NTB berasal dari daerah sendiri. Sederhananya perkara sarung yang digunakan pada acara Hari Raya Idul Fitri maupun perayaan lainnya menggunakan sarung buatan lokal, sehingga bela dan beli produk lokal bukan hanya menjadi ilusi namun kenyataan yang nyata terjadi.

Miq Gita juga menyampaikan ucapan terimakasih kasih kepada semua panitia yang telah mampu mengkonsepkan melaksanakan acara yang sangat luar biasa. Sebagai penutup sambutan, sekaligus membuka secara seremonial, puluhan burung merpati diterbangkan sebagai penanda Acara Kenari Fashion Street Resmi dibuka.