23 Juli 2024

Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacum Olahan Pangan Bagi IKM di Kota Mataram

Angkatan ke 2 dalam Rangka Pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Mataram menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacuum Olahan Pangan pada 13 s.d 16 November 2023 di Hotel Puri Indah dan di Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Tim Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Prov. NTB, Kepala Seksi Teknik Kemasan Firmansyah, ST Zahrul Martayadi, S.Tr.Ip, Anna Sagita, SE dan Puput Hardianti, SP menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pengemasan dan Teknik Vacum Olahan Pangan yang melibatkan 30 orang peserta dari IKM Kota Mataram. Kegiatan di buka oleh Bapak Lalu Selo Ratno, SP.

Ada 3 (tiga) angkatan yang di bina dalam kegiatan pelatihan pengemasan dan teknik vacum olahan pangan ini dan ini merupakan angkatan kedua dengan jadwal hari pertama yaitu pemaparan materi tentang Kemasan, fungsi kemasan, jenis-jenis kemasan, desain kemasan, kesalahan dalam membuat desain logo bisnis, Alat dan mesin yang digunakan dalam membuat kemasan serta Tata Layanan di Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Prov. NTB.

Pada hari kedua peserta pelatihan di ajarkan praktik langsung mengenal produk yang dihasilkan peserta disesuaikan dengan alat/bahan kemasan yang tepat untuk di gunakan dalam mengemas. Peserta juga praktik sterilisasi menggunakan alat sederhana seperti Vacuum Sealer dan panci presto. Peserta membawa produknya masing-masing untuk dikemas steril.

Pada hari ketiga peserta pelatihan di ajarkan praktik langsung di ruang kemasan steril dengan SOP yang berlaku dan praktik pembuatan kemasan tersier yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi prodak. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan bahkan beberapa peserta langsung memesan stiker serta merencanakan untuk melakukan kemasan steril dengan produk olahan ayam dan daging di Balai Kemasan Prodak Daerah Dinas Perindustrian Prov. NTB.