23 Juli 2024

Gayung Bersambut, DISPERIN Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan BLUD SMKN 1 MATARAM

GAYUNG BERSAMBUT , DISPERIN TANDATANGANI PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN BLUD SMKN 1 MATARAM.

Rabu 15 November 2023 Bertempat di SMK 1 NEGRI MATARAM , Kepala Dinas Perindustrian , Nuryanti SE., ME bersama Tim yang terdiri dari semua bidang mengunjungi SMK NEGRI 1 MATARAM untuk menandatangani perjanjian kerja sama dengan BLUD ( Badan Layanan Umum Daerah ) SMKN 1 MATARAM.

Dalam sambutan Kepala Sekolah , disampaikan bahwa harapan besar dengan adanya kerjasama ini ialah adanya program terintegrasi yang dapat mendorong kemajuan dan kesiapan bagi para Siswa dan Siswi, mengingat bahwa output dari SMK sendiri adalah keterampilan dan kesiapan menuju lapangan pekerjaan. Pihak sekolah melalui Badan Layanan Umum Daerah ini menilai bahwa bekerjasama dengan Dinas Perindustrian adalah hal yang paling tepat untuk mendorong kemajuan target yang ingin dicapai.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti, SE.,ME. Menyampaikan bahwa iktikad baik ini siap dan harus sama-sama dikawal , menimbang bahwa generasi milenial harus dibentuk sedini mungkin untuk memiliki jiwa pejuang tangguh pantang menyerah untuk masa depan yang lebih baik. Kadisperin menyampaikan bebrapa hal yang harus dipersiapkan menuju sinergitas bersama ini kepada pihak SMK 1 MATARAM yakni :

Pertama , pentingnya melakukan pemetaan minat dan bakat siswa, sehingga akan terjaring kandidat calon pengusaha yang nantinya akan dibina secara intensif melalui program Kelas Siap Jadi CEO yang merupakan bagian dari program unggulam Dinas Perindustrian di IDORS dan dihimpun melalui KOIN.

Kedua, hasil Siswa yang dibina ini nantinya harus ditargetkan untuk memiliki usaha yang disimulasikan menjadi perusahaan dengan legalitas dan kelengkapan berkas dan diharapkan akan mampu memotivasi dan menarik adik kelasnya nanti tergabung dalam bisnis yang telah dibangun.
Ketiga , untuk pembinaan usaha menyangkut pengemasan prouduk, pemasaran dan perluasannya akan menjadi upaya yang terus diusahakan oleh Dinas Perindustrian melalui Bidang-Bidang terkait dan UPTD BKPD Balai Kemasan .

Acara ditutup dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa usaha yang digeluti Siswa, Mulai dari ruangan tata busana, makanan dan desain Grafis.