5 Maret 2021

INDUSTRI GENTENG

Dusun Kumbung terletak di perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dengan Kabupaten Lombok Tengah ini cukup terkenal sebagai salah satu tempat industri penghasil genteng terbaik di Pulau Lombok. Industri Genteng merupakan warisan turun – temurun nenek moyang bagi masyarakat di Dusun Kumbung, tak heran Sebagian besar warganya memilih industri ini sebagai mata pencarian mereka. Dari 85% masyarakat yang bergelut di industri genteng hanya 35% saja yang memiliki perusahaan genteng milik pribadi dan 50% lainnya bekerja sebagai buruh genteng. Seiring berjalannya waktu dan dengan kemajuan informasi dan teknologi yang semakin pesat pada saat ini membuat keberadaan genteng diranah industri perlahan-lahan mulai berkurang. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, harga bahan pokok pemubuatan genteng seperti tanah liat mengalami kenaikan yang cukup drastis, selain itu tanah liat dengan kualitas tinggi sulit diperoleh karena lokasi tempat penggalian tanah liat tersebut memiliki jarak tempuh yang jauh dan cukup beresiko.

Akan tetapi dengan kenaikan harga bahan pokok tersebut tidak menjamin harga penjualan genteng juga mengalami kenaikan justru malah mengalami penurunan yang cukup drastis, sehingga mau tidak mau masyarakat yang memiliki perusahaan genteng pribadi harus menjual gentengnya dengan harga murah bahkan tidak jarang diantara mereka mengalami kerugian. Selain itu, masyarakat yang memiliki perusahaan genteng sering mengeluhkan semakin menurunnya omset pembeliian genteng karena produk genteng buatan kalah saing dengan beberapa produk baru yang digunakan untuk atap bangunan seperti spandek, seng, asbes dan yang lebih praktis lagi adalah multiroof.

Namun hebatnya, segala macam permasalah tersebut tetap tidak bisa mematahkan semangat para produsen industri genteng di Dusun Kumbung untuk terus mengembangkan dan mempertahankan industri warisan turun temurun tersebut, seperti yang dijabarkan oleh salah satu produsen industri genteng di video ini.

Mari kita dukung industri genteng lokal! Cintai, Beli, dan Gunakan Genteng Industri Lokal

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia